Distro Ubuntu

Ubuntu Gantikan LightDM dengan GDM Sebagai Display Manager Default

Login screen Ubuntu

LightDM di Ubuntu

Banyak sekali hal baru yang akan dirilis bersamaan dengan Ubuntu 17.10 Artful Aardvark.

Kemarin, Ubuntu resmi menghapus Unity dan menggantinya dengan GNOME di berkas ISO daily build terbaru Ubuntu 17.10. ISO tersebut merupakan ISO Ubuntu tanpa Unity pertama setelah keputusan peralihan ke GNOME oleh Mark Shuttleworth beberapa waktu yang lalu.

Selain beralih ke GNOME, ternyata Ubuntu juga beralih ke GDM sebagai display manager pengganti LightDM. Sebenarnya ini bukan “beralih”, lebih tepatnya “kembali”, karena dulu Ubuntu menggunakan GDM sebelum mereka membangun display manager sendiri (LightDM) dan beralih ke display manager tersebut di Ubuntu 11.10.

Buat pengguna, peralihan ini sebenarnya tidak begitu berpengaruh lantaran tak ada fitur-fitur berarti yang berubah, kecuali fitur sesi tamu (guest) yang tidak ada di GDM, di mana fitur ini sebenarnya sudah dinonaktifkan oleh Canonical akibat adanya celah keamanan.

Beralihnya ke GDM bukan berarti LightDM dibuang, tidak dikembangkan lagi. Ubuntu tetap akan memelihara LightDM dengan perbaikan bug mengingat ia masih digunakan di seri 14.04 LTS, 16.04 LTS, dan 17.04, serta dipakai oleh varian-varian Ubuntu (Ubuntu Flavours).

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

3 comments on “Ubuntu Gantikan LightDM dengan GDM Sebagai Display Manager Default

  1. Radya says:

    mint pindah dr mdm ke lightdm
    ubuntu pindah dr lightdm ke gdm

      1. Radya says:

        lightdm bikinin ubuntu kan?
        mdm dr mint
        lightdm ditinggalin empunya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top