Berita

Ubuntu dan GNOME Kerjasama Tingkatkan Dukungan HiDPI

Seperti janji Ubuntu untuk lebih berkontribusi ke upstream GNOME, belum lama ini GNOME menyelenggarakan Fractional Scaling Hackfest 2017 di Taipei. Para pengembang GNOME dan Ubuntu saling bekerjasama untuk meningkatkan dukungan HiDPI pada GNOME.

Seperti dilansir oleh OMG! Ubuntu, selama ini, desktop Unity memiliki dukungan HiDPI yang apik mengingat ia mendukung fractional scaling, namun ternyata, meski GNOME Shell juga mendukung HiDPI, ia tidak sefleksibel Unity.

Hackfest ini tentu saja bermaksud untuk meningkatkan fractional scaling pada desktop GNOME.

“GNOME Shell telah mendukung monitor hi-dpi. Saat ini, kami hanya menskala jendela dengan faktor integral (khususnya 2). Ini terbukti membatasi, menyusul banyak sistem yang hanya ada di antara range dpi yang hanya bagus untuk skala faktor 2, atau tak terskala,” kata GNOME. “Kami ingin mendukung nilai fractional scaling yang berbeda pada Mutter dan GNOME Shell, dengan cara meningkatkan skala widget kemudian menurunkan skala ke nilai yang diminta saat composing time.”

Detail kelemahan dukungan HiDPI GNOME ini dapat disimak di blog Mathias Clasen.

GNOME melanjutkan, tujuan dari hackfest ini yakni menggambar Shell UI pada resolusi yang lebih tinggi, menerapkan penskalaan non-integer, serta studi dukungan client Xwayland.

Entah fitur ini akan memengaruhi Anda secara langsung atau tidak, Ubuntu akan memiliki dukungan HiDPI yang lebih baik dengan desktop GNOME.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top