Distro Ubuntu

Ubuntu Core Resmi Dukung Perangkat Raspberry Pi 3 Compute Module 3

Pengembang di balik distribusi GNU/Linux populer Ubuntu, Canonical, mengumumkan bahwa sistem operasi Ubuntu Core resmi mendukung perangkat Raspberry Pi Compute Module 3 (CM3).

Ubuntu Core merupakan sistem operasi Ubuntu yang ditujukan untuk perangkat IoT dan tersedia sebagai sistem operasi berbasis Snappy. Sedangkan Raspberry Pi Compute Module 3 (CM3) sendiri pertama kali dirilis oleh Raspberry Pi Foundation Januari 2017 kemarin sebagai versi mikro Raspberry Pi yang memiliki sistem sederhana serta pas untuk perangkat SBC (Single Board Computer).

Raspberry Pi 3 CM3

CEO Raspberry Pi, Eben Upton, mengungkapkan, “mendapatkan dukungan resmi Ubuntu Core adalah hal signifikan bagi perangkat Compute Module 3 kami. Ia membuka kesempatan komunitas yang lebih luas untuk meningkatkan keunggulan Ubuntu di dunia IoT; jejak footprint yang lebih hemat, fleksibilitas, dan keunggulan di bidang keamanan industri.”

Raspberry Pi Compute Module 3 yang mampu dipasang maupun dicopot di perangkat dengan konektor DDR2 SODIMM standar manapun memiliki prosesor BCM2837 dan dukungan ruang penyimpanan Flash eMMC 4GB. Memori RAM perangkat ini pun cukup “wow”, sebesar 1GB. Buat yang mencari perangkat WiFi, perangkat ini tidak mendukungnya.

Di samping itu, Raspberry Pi juga menyediakan versi kecil/ringan (light) bernama Raspberry Pi Compute Module 3 Lite yang memiliki antarmuka kartu SD pada pin yang mengijinkan pengguna mengoneksikan perangkat penyimpanan kartu SD atau eMMC.

Untuk mengunduh citra Ubuntu Core tersebut silakan kunjungi laman ini. Jangan khawatir, di laman itu juga disebutkan instruksi instalasinya.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top