Distro Ubuntu

Ubuntu 17.10 Sudah Pakai GDM di ISO Daily Build Terbaru

Transisi Ubuntu ke teknologi milik GNOME lambat laun mulai terlihat.

Tim pengembang saat ini memang sedang sibuk mengalihkan desktopnya ke GNOME setelah pihak Canonical menghentikan pengembangan Unity8. Rencana awal, pengembang baru akan mengganti desktop Ubuntu ke GNOME di versi 18.04, namun ternyata rencana tersebut maju sehingga mulai Ubuntu 17.10 Artful Aardvark, ia sudah memakai desktop environment GNOME.

LightDM

LightDM di Ubuntu

Berkas ISO daily build Ubuntu 17.10 mulai diunggah beberapa bulan yang lalu, saati itu ISO ini masih menggunakan Unity7. Beberapa waktu kemudian, tepatnya awal bulan Juni 2017, berkas ISO daily build_ Ubuntu 17.10 resmi menggunakan desktop environment GNOME.

Tidak hanya beralih ke GNOME, Ubuntu 17.10 juga berminat mengubah display manager bawaan dari LightDM ke GDM (GNOME Display Manager). Hingga kemarin, berkas ISO daily build masih menggunakan LightDM—​belum ada tanda-tanda perubahan ke GDM. Namun, di ISO daily build terbaru, yang ditandai dengan 20170707.1, Ubuntu telah menggunakan GDM sebagai display manager default.

Perubahan ini diketahui oleh Marius Nestor, penulis Softpedia, setelah ia mengunduh ISO 20170707.1 dan mem-boot-nya, Ubuntu telah menampilkan GDM alih-alih LightDM. Namun, tentu saja Ubuntu tidak akan membuang LightDM begitu saja di ISO ini, pengguna masih bisa mengaktifkan LightDM dengan perintah dpkg-reconfigure.

Jika Anda penasaran, Anda juga dapat mengunduh ISO daily build ini melalui tautan ini.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top