Distro Ubuntu

Ubuntu 17.10 Akan Beralih ke Wayland Secara Default? Pengembang Ragu

Wayland

Sejak Ubuntu ingin beralih ke GNOME, pengembang juga berminat pindah ke Wayland sebagai display server default penerus Xorg-server di Ubuntu 17.10 Artful Aardvark.

Mengenai hal ini, Ken VanDine juga pernah mengatakannya saat OMG! Ubuntu melakukan wawancara terhadap dirinya. Baca tautan ini untuk lengkapnya. Selain VanDine, kepastian peralihan ke Wayland juga disampaikan oleh Will Cooke via cuitan Twitter saat menjawab pertanyaan Joey Sneddon.

Tapi, sepertinya hal ini akan berubah ..

Dalam diskusi via kanal #ubuntu-desktop di IRC, Will Cooke justru tidak yakin dengan Wayland. “Perasaan saya, Wayland belum begitu siap,” ujarnya.

Sangat wajar apabila pengembang Ubuntu ragu dengan kinerja Wayland, karena masih banyak aplikasi yang sama sekali tidak bisa berjalan di sana, atau minimal tidak bisa berjalan sempurna, misalnya aplikasi Ubiquity dan Apport. Sebagai distro sejuta umat, tentu pengembang tidak ingin mengorbankan kenyamanan dan produktivitas jutaan pengguna dengan beralih ke Wayland.

Belum ada keterangan resmi dari Ubuntu seputar hal ini. Kita tunggu saja kabarnya nanti. Yang pasti, Ubuntu 17.10 adalah rilis mayor yang benar-benar besar dan layak untuk dinanti para penggemar Ubuntu GNOME.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top