Berita

TOS, Kulgram, dan Penghapusan Iuran Jadi Bahasan Rapat Kedua dan Ketiga BLOI

Akhir bulan Agustus dan pertengahan September, komunitas BLOI (Belajar LibreOffice Indonesia) sukses menyelenggarakan rapat/diskusi formal kedua dan ketiga yang membahas beberapa poin penting seputar keberlanjutan komunitas. Kabar seputar rapat pertama dapat dibaca di pos sebelumnya.

Laman komunitas BLOI
Figure 1. Laman komunitas BLOI

Dalam rapat kedua yang diadakan 26 Agustus 2017, ketua komunitas melaporkan bahwa keuangan BLOI hampir mencapai 1 juta rupiah. Seperti yang disampaikan melalui rapat pertama, uang ini digunakan untuk membiayai pengiriman buku, menggaji pengajar kursus, dan pengurus komunitas. Bersamaan dengan itu, iuran rutin sejumlah 20.000 perbulan dihapuskan sehingga semua bantuan uang yang dikirim ke BLOI berupa donasi—​sukarela tak terikat waktu.

Syarat dan ketentuan (TOS) juga diulas di rapat tersebut, seperti penentuan penghapusan iuran, deskripsi tugas ketua, wakil ketua, sekretaris, dan bendahara, penentuan kursus daring, dsb. Dokumen tentang TOS bisa diperoleh di tautan ini (PDF).

Dalam rapat selanjutnya (ketiga) pertengahan bulan ini, ketua komunitas menentukan kuliah Telegram (kulgram) sebagai ajang belajar anggota secara cuma-cuma meskipun pemateri tetap memperoleh insentif per materi yang disampaikan. Bagi yang suka menulis artikel, di rapat ini, ketua komunitas juga mengizinkan Anda ikut berkontribusi sebagai penulis artikel di laman http://libreoffice.puskomedia.web.id. Sedangkan bagi yang ingin mendapatkan buku “Lebih Dekat dengan LibreOffice Writer Edisi Revisi 2”, selain menghubungi Taufik Hidayat selaku ketua, Anda juga bisa mendapatkannya melalui BukaLapak.

Rangkuman hasil rapat ketiga BLOI bisa disimak di tautan ini.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top