Kernel

Torvalds: Linux 4.14-RC3, Rilis yang Menyakitkan

Linus Torvalds meluncurkan kandidat rilis (RC) teranyar untuk kernel 4.14; Linux 4.14-rc3.

Masih ingat jika RC sebelumnya dianggap pra-rilis yang relatif normal, meski di RC2 sedikit ada masalah? Normal dalam arti proses pengembangan yang tak memusingkan dan tak ada masalah yang berarti. Sepertinya anggapan tersebut sedikit berganti di RC3. Kata Torvalds, pengembangan 4.14 ini semakin terasa menyakitkan.

Kabar Linux

Pemicu “rasa sakit” dalam pengembangan 4.14 adalah status LTS yang bakal disandang olehnya, bahkan status LTS pertama dengan masa dukungan 6 tahun. “Rilis LTS terakhir (4.9) menghasilkan salah satu rilis kernel terbesar yang pernah ada karena semua orang menginginkannya,” lanjut Torvalds. “Rilis 4.14 sepertinya tidak sebesar itu, tetapi hal itu tetap menyebabkan pekerjaan (pengembang) yang terlambat lantaran orang-orang mempersiapkannya untuk 4.14, yang bakal menjadi LTS.”

Pembaruan pada Linux 4.14-rc3 agak berbeda dari RC sebelumnya karena adanya pembenahan penanganan x86 FPU, pembenahan masalah crypto pada penanganan kunci internal pengembang, dan perapian SMP/hotplug.

Meski pra-rilis ini tak menyenangkan, Torvalds merasa ia akan hadir sesuai jadwal rilis normal (RC7 sebagai RC terakhir).

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

1 comment on “Torvalds: Linux 4.14-RC3, Rilis yang Menyakitkan

  1. Tutorial Arry says:

    wah sngat di syngkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top