Distro Solus

Tingkatkan Dukungan Aplikasi Pihak Ketiga, Solus Gunakan Flatpak

SolusPengembang Solus selalu berusaha menyajikan sistem operasi yang powerful, mumpuni, dan tangguh. Salah satu upayanya adalah mendukung aplikasi pihak ketiga. Selama ini, Solus mendukung aplikasi tersebut dengan cara mengimplementasikan sistem Solus Third Party, berupa repositori yang berisi berkas eopkg yang dapat diinstal dengan perintah eopkg seperti biasa.

Namun, oleh pengembang, cara ini dirasa tidak handal dan tidak cepat, sehingga perlu ada cara lain untuk meningkatkan dukungan aplikasi pihak ketiga dan memudahkan para penggunaya.

Melalui tulisan terbarunya, Ikey Doherty selaku pimpinan pengembangan Solus, mempertimbangkan untuk menggunakan sistem pemaketan Flatpak atau Snap sebagai pengganti sistem tradisional Solus Third Party.

Ada banyak pertimbangan terkait pemilihan dua sistem pemaketan tersebut, termasuk langsung pakai tanpa perlu mengubah sistem utama Solus, dapat diintegrasikan dengan Software Center secara mudah, dukungan upstream yang bagus, dsb.

Setelah melakukan diskusi dan jejak pendapat, Flatpak unggul. Sampai kabar ini ditulis, ia memeroleh suara 65 persen dari total 224 suara. Selain menang melalui jejak pendapat, menurut Doherty:

  • Flatpak terus mendapatkan pembaruan secara konsisten.
  • Flatpak sudah dipakai Endless OS dan terbukti handal.
  • Dibandingkan dengan snapd dan snapcraft, Flatpak menggunakan ostree dan flatpak yang lebih mudah diimplementasikan di sistem Solus.
  • Flatpak mudah diintegrasikan dengan Linux Steam Integration, bahkan bisa lebih mengoptimalkannya.
  • Alexander Larsson, selaku upstream, telah menjelaskan secara teknis dukungan Flatpak di Solus.

Belum ada kabar dari Ikey Doherty kapan waktu peluncuran dukungan Flatpak di Solus.

Yang pasti, kehadiran Flatpak sebagai pengelola aplikasi pihak ketiga dapat meningkatkan fungsionalitas distro yang populer dengan desktop Budgie ini.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top