Distro Manjaro

Tim Pengembang Rilis Manjaro 17.0.2 dengan Kernel dan Desktop Plasma Baru

Akhir bulan Juni 2017 ini, Philip Müller dkk meluncurkan rilis pemeliharaan kedua untuk Manjaro 17.0 Gellivara. Manjaro Gellivara sendiri pertama dirilis di pekan awal Maret 2017 kemarin.

“Manjaro Gellivara merupakan rilis yang keren! Sekarang kami bangga mengumumkan v17.0.2 yang memperbaiki banyak masalah pada rilis original Gellivara,” kata pengembang via manjaro.org. “Ia menghabiskan waktu hampir tiga bulan untuk menyelesikan versi pembaruan tersebut.”

Rilis Manjaro 17.0.2 Gellivara hadir dengan kernel Linux 4.9.34 LTS, Xorg 1.19.3, dan untuk para pengguna desktop dari KDE; KDE Plasma 5.10.2, KDE Applications 17.04.2, serta KDE Frameworks 3.53. Bagi yang menjadikan Manjaro sebagai platform pengembangan aplikasi berbasis Qt, versi ini menghadirkan Qt terbaru, Qt 5.9.

Salah satu perkakas unggulan distro turunan Arch Linux ini, MHWD (Manjaro Hardware Detection), kini mampu menangani berkas binary libglx dengan lebih baik. Begitu juga dengan perkakas Manjaro Tools & Profiles yang makin fungsional. Sebagai pemanja mata, Manjaro 17.0.2 Gellivara pun lebih segar dengan desain style dan tema baru.

Sebagai distro rilis bergulir (rolling release), para pengguna hanya perlu menjalankan pacman -Syu untuk mendapatkan versi 17.0.2 Gellivara ini. Apabila Anda ingin mengunduh berkas ISO terbaru Manjaro, silakan kunjungi tautan ini untuk mengunduh varian ofisial Xfce, KDE, dan GNOME. Dan jika Anda lebih memilih varian lain; Budgie, Cinnamon, Deepin, i3, LXDE, LXQt, dan MATE, silakan kunjungi laman edisi komunitas.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top