Distro

Tim Endless Luncurkan Endless OS 3.3.5, Perbarui Flatpak, Chromium, dan Aplikasi Lokal

Hampir seminggu lalu, Endless meluncurkan rilis anyar Endless OS 3.3.5 kepada para pengguna. Endless OS merupakan salah satu sistem operasi atau distribusi GNU/Linux yang mulai merambah pasar Indonesia dengan menggandeng merek-merek laptop populer seperti ASUS dan Acer.

Endless OS
Gambar 1. Endless OS (endlessos.com)

Di rilis ini, pengembang telah memperbarui fitur sign-on (fitur untuk login ke sistem Endless OS). Fitur ini sekarang mengizinkan pengguna masuk ke sistem dengan password yang berisi campuran bahasa Inggris dan non-Inggris dengan lebih mudah. Selain itu, Endless OS juga memperbarui Flatpak dan Flatpak Builder.

Seperti yang disampaikan Nuritzi Sanchez, Flatpak versi anyar yang dibenamkan di rilis ini telah membenahi ikon yang tidak muncul pada beberapa aplikasi, memperbarui dukungan bahasa dan lokalisasi, menambahkan fitur untuk mencegah sistem tidak dapat terkoneksi ke internet setelah pengguna mengganti koneksi jaringan nirkabel, dan menambahkan dukungan akselerasi perangkat grafis untuk arsitektur ARM. Fitur terakhir menjamin dukungan terhadap perangkat Endless Mini dan Mission Mini semakin bagus.

Bersamaan dengan itu, Endless OS 3.3.5 juga memperbarui peramban Chromium ke versi 62 dan menambahkan fungsi untuk mencegah tab terbuka dimuat ulang setelah Anda pergi dan masuk kembali ke tab tersebut. “.. untuk mencegah peramban dan sistem crash,” tuturnya.

Selain Chromium, Endless menambahkan beberapa aplikasi baru dan memutakhirkan sebagian darinya, di antaranya aplikasi Pergidulu dan Diad Didi’s Kitchen untuk Endless OS versi Indonesia, serta aplikasi Primer dan Manila Times untuk versi Filipina, Pob pad dan Khaosod English untuk versi Thailand, Omelete untuk versi Brasil, NDTV Sports untuk versi India, Nature is Speaking, Movement, Kids, Animations, dll, untuk versi Inggris, dan beberapa aplikasi umum seperti Dropbox, dan Skype.

Bagi yang berminat mengunduh citra ISO Endless OS, silakan kunjungi endlessos.com. Jika Endless OS Anda selalu terkoneksi ke internet, sistem Anda akan selalu diperbarui secara otomatis. Anda juga dapat memeriksanya di bagian panel Details lalu Settings. Sebagai informasi, sampai saat ini, Endless OS memang belum menyediakan opsi untuk mematikan pembaruan otomatis.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top