Free Software Open Source Software

Teruskan Qt 5.6 LTS, Qt 5.9 Akan Jadi Versi LTS Selanjutnya

Qt

Laman Qt.io

Proyek framework aplikasi lintas-platform Qt baru saja memutuskan, Qt 5.9 menjadi rilis LTS selanjutnya. Ini berarti Qt 5.9 menjadi rilis LTS kedua setelah Qt 5.6.

“Kami bangga mengumumkan bahwa Qt 5.9 akan menjadi rilis Long Term Supported (LTS). Kami telah memperbarui Qt semenjak versi sebelumnya, Qt 5.6 LTS, dan guna memaksimalkan manfaat untuk para pengguna, kami akan menjadikan Qt 5.9 sebagai rilis LTS,” kata Tuukka Turunen dari Qt.

Dengan menjadi rilis LTS, Qt 5.9 akan mendapatkan dukungan selama tiga tahun ke depan dengan tambahan dukungan melalui layanan berbayar. Qt 5.9 LTS tidak akan mendapatkan modul technology preview maupun mengusangkan modul, ia hanya fokus menyediakan pembenahan bug-bug.

Turunen menyampaikan, Qt 5.9 akan dipelihara dalam fase-fase. Fase pertama dijalankan selama 6 bulan. Selama itu, Qt 5.9 akan memeroleh pembenahan bug, termasuk bug dengan prioritas rendah. Setelah itu, ia akan memasuki fase LTS, fase “ketat”, di mana Qt 5.9 hanya akan mendapatkan pembenahan bug kritis dan masalah keamanan. Di tahun terakhir LTS, Qt 5.9 memasuki fase “sangat ketat”. Ia hanya akan membawa perbaikan masalah keamanan penting.

Buat para pengembang aplikasi berbasis Qt, kehadiran Qt 5.9 sangat penting mengingat Qt 5.9 masih akan tetap mendukung compiler C++98 dan memiliki performa yang lebih baik dibanding Qt 5.6 LTS.

Qt 5.9 final akan dirilis beberapa waktu lagi, saat ini ia masih menyentuh versi Beta. Jadi, harap bersabar! 😉

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top