Debian Distro

Tak Perlu Repot Instal Manual, Debian Akan Sediakan Android SDK di Repositori Stretch

Debian

Buat para pengguna distro Debian sekaligus pengembang aplikasi Android, ada kabar gembira. Tidak lama lagi, distro ini akan menyediakan Android SDK di repositori resminya, sehingga Anda tak perlu repot-repot mengunduh dan menginstalnya secara manual melalui laman android.com.

Android SDK akan hadir di Debian 9 Stretch. “Ini (Android SDK) akan menyediakan semua perkakas yang dibutuhkan untuk membangun aplikasi Android yang ditargetkan untuk ‘platform’ android-23 menggunakan SDK build-tools 24.0.0. Keduanya satu-satunya ‘platform’ dan ‘build-tools’ yang baru disediakan Debian, tapi masih dimungkinkan untuk memakai binary Google dengan memasangnya ke /usr/lib/android-sdk,” kata Hans-Christoph Steiner dan Kai-Chung Yan.

Untuk saat ini, Android SDK di Debian belum menyediakan semua pustaka yang diperlukan untuk mengembangkan aplikasi. Pengembang Debian masih membahas teknis untuk menyediakan pustaka-pustaka dari Android Support maupun dari jCenter atau Maven Central ini.

Anda bisa mencoba memasang Android SDK di Debian 9 Stretch dengan cara menjalankan perintah,

$ sudo apt install android-sdk android-sdk-platform-23

Untuk membangun aplikasi Android, atur ANDROID_HOME,

$ export ANDROID_HOME=/usr/lib/android-sdk

Sebelum menjalankan run gradle build, atur compileSdkVersion ke 23 dan buildToolsVersion ke 24.0.0 pada berkas build.gradle.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

2 comments on “Tak Perlu Repot Instal Manual, Debian Akan Sediakan Android SDK di Repositori Stretch

  1. Andi Fais says:

    bos bisa bantu mengembangkan aplikasi android berita…

  2. gan kok saya coba ketik
    android –help
    command not found ya

    minta pencerahannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top