Distro

Tak Ikuti Arch Linux, Parabola Pertahankan Dukungan 32-bit

Makin banyak distribusi GNU/Linux yang menghapuskan dukungan arsitektur 32-bit. Tahun ini, dua distribusi populer telah melakukannya; Ubuntu (meski masih mendukung paket 32-bit) dan Arch Linux.

Parabola

Keduanya memang merupakan induk dari banyak distribusi di luar sana, tetapi hal itu bukan menjadi alasan distribusi turunan untuk melakukan hal serupa. Seperti Parabola. Distribusi GNU/Linux berbasis Arch Linux tersebut memutuskan untuk terus mendukung arsitektur 32-bit dengan memanfaatkan repositori non-resmi dari proyek ArchLinux32.

“Sebagai bagian dari minat yang tinggi pada platform yang sesuai dengan kebebasan pengguna, Parabola akan terus melanjutkan dukungan porta i686 demi masa depan yang dapat diperkirakan. Sistem dasar distro akan berbasiskan paket-paket dari porta 32-bit non-resmi Arch, mulai hari ini (14/11),” terang Isaac David, salah satu pengembang Parabola.

ArchLinux32 (archlinux32.org) sendiri merupakan proyek komunitas yang memelihara repositori i686 (32-bit). Ia disarankan langsung oleh pengembang Arch Linux untuk dipakai pengguna yang masih ingin bertahan di 32-bit.

Tidak ada langkah tambahan yang perlu dilakukan pengguna Parabola 32-bit untuk memakai repositori tersebut. Pengguna hanya perlu memperbarui libre/archlinux32-keyring kemudian jalankan update seperti biasanya. Sesuai keterangan pengembang, dalam beberapa hari ini pengguna akan melihat pesan peringatan tentang ketersediaan paket downgrade, pengguna cukup membiarkan saja pesan itu.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top