Distro Ubuntu

Tak Ada Keraguan, Ubuntu 17.10 Pastikan Pakai Wayland

Selain pindah ke desktop environment GNOME, Ubuntu 17.10 juga beralih ke Wayland sebagai display server utama. Beberapa kali, Ubuntu menyampaikan peralihkan ke display server tersebut, baik melalui newsletter atau pun melalui cuitan Will Cooke, pimpinan pengembangan Ubuntu desktop.

Namun, berselang waktu, pengembang ragu apakah Ubuntu akan memakai Wayland atau tidak.

Ubuntu 17.10

Ubuntu 17.10 (Will Cooke)

Keputusan telah dipastikan!

Melalui laporan pengembang Canonical, Didier Roche, yang ditulis pasca acara GUADEC 2017, mereka menegaskan bahwa Ubuntu 17.10 pasti beralih ke Wayland. Untuk “jaga-jaga”, Ubuntu 17.10 tetap akan menyediakan sesi X. Pengguna dapat dengan mudah beralih dari sesi Wayland ke X, dan sebaliknya.

Peralihan ke Wayland ini pun sangat tepat dilakukan di Ubuntu 17.10, karena pengembang akan mendapatkan banyak masukan penting dari pengguna, yang dapat menjadi bahan pematangan implementasi display server tersebut di Ubuntu 18.04 LTS tahun depan. Untuk membaca laporan Roche, silakan kunjungi didrocks.fr.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top