Berita

Tahun 2018, Sistem Operasi Apple Lisa Akan Dirilis Sebagai Open-source

Sudah lebih dari tiga dekade, Apple memperkenalkan komputer Apple Lisa. Komputer ini merupakan komputer pribadi (personal computer) pertama yang memanjakan pengguna dengan tampilan GUI. Untuk mendanai penelitian riset dan pengembangan komputer Lisa, Apple “menyisihkan” 150 juta dollar Amerika.

Pada mulanya, “Lisa” merupakan akronim dari Local Integrated System Architecture tetapi di kemudian hari Steve Jobs mengklaim Lisa sebagai nama anak sulungnya, Lisa Nicole Brennan-Jobs.

Saat pertama kali dirilis pada tahun 1983, komputer Lisa dijual dengan harga 10.000 dollar Amerika atau setara 24 dollar Amerika di masa kini. Tiga tahun Lisa dijual dan hanya laku sebanyak 10.000 unit.

Bagi Anda yang sangat antusias dengan teknologi lawas ini, pada tahun 2018, sistem operasi Apple Lisa akan diluncurkan sebagai perangkat lunak open-source. Dengan demikian, layaknya GNU/Linux, Anda dapat melihat source code dan bereksperimen dengannya tanpa perlu merasa galau dan bersalah. Source code tersebut akan dirilis oleh Computer History Museum.

Pengumuman resmi mengenai hal ini dapat disimak di mailing list penggemar Lisa.

Iklan Lisa yang diperankan Kevin Costner dapat dilihat di bawah ini.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

2 comments on “Tahun 2018, Sistem Operasi Apple Lisa Akan Dirilis Sebagai Open-source

  1. Aris Ripandi says:

    Berangan-angan MacOS dirilis OpenSource juga … meski sangat kecil kemungkinan

    1. Ada kemungkinan 30+ tahun lagi, saat Apple meluncuran sistem operasi pengganti macOS, macam Apple Lisa yang diganti oleh macOS ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top