Distro

Susul Ubuntu, System76 Luncurkan Distribusi Pop!_OS Final

Rilis distribusi GNU/Linux keren tidak hanya berhenti pada Ubuntu 17.10 Artful Aardvark, kemarin System76 resmi merilis Pop!_OS sebagai distribusi anyar yang menyegarkan.

Pop!_OS merupakan distribusi GNU/Linux berbasis Ubuntu 17.10 yang ditujukan sebagai sistem operasi utama untuk dibenamkan di produk-produk yang dipasarkan System76. Distribusi ini pun ditargetkan untuk pengguna kasual, pengembang, creator, dan lain-lain.

Pop!_OS

“Kami percaya komputer dan sistem operasi merupakan alat yang paling powerful dan serba guna yang pernah diciptakan. Sistem operasi desktop telah bergerak terlalu jauh ke arah pengguna kasual,” ujar System76. “Kami membangun sistem operasi untuk pengembang, penulis perangkat lunak, dan untuk profesional ilmu komputer yang memanfaatkan komputer sebagai alat untuk menciptakan dan menemukan.”

Mengikuti distro dasarnya, Ubuntu 17.10, Pop!_OS menyediakan kernel Linux 4.13, desktop environment GNOME, dukungan Bluetooth dan audio USB out-of-the-box, serta dukungan video playback terakselerasi pada GPU Intel. Di samping itu, ia juga mendukung driverless printing. Dukungan perangkat keras untuk perangkat System76 pada Pop!_OS dijamin lebih baik mengingat pengembang membenamkan tambahan driver buatan sendiri di distribusi ini.

Meski membawa fitur seperti pada Ubuntu, System76 mengembangkan sendiri tema untuk distribusi ini, begitu juga dengan tema ikon, tema plymouth, dll.

Ingin memasang Pop!_OS tanpa perlu membeli produk dari System76? Anda dapat mengunduh ISO Pop!_OS melalui tautan ini. Sebagai catatan, System76 hanya menyediakan ISO 64-bit dengan citra untuk GPU Intel/AMD dan Nvidia terpisah. Instruksi instalasi dapat disimak di laman dokumentasi.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top