Distro

Sundara OS 38.10.2 Katana Diluncurkan, Bawa Kernel 4.8 dan Tema Vertex

Sundara OS

Baru saja, Rizal Muttaqin mengabarkan kepada Kabar Linux bahwa proyek Sundara OS resmi meluncurkan versi 38.10.2 LTS Katana.

Sundara OS adalah distribusi GNU/Linux lokal yang dibangun dengan basis sistem Ubuntu 16.04 LTS. Selama ini, saya tahu tentang distribusi Sundara OS, tetapi karena belum mengikuti perkembangannya, ia tidak terlihat di radar Kabar Linux. Omong-omong, rilis baru Sundara OS ini membawa banyak pembaruan yang layak untuk dicoba dan digunakan sebagai sistem operasi harian.

Sundara OS 38.10.2 merupakan rilis LTS dan merupakan distro yang memiliki sistem “unik”, dalam arti ia tidak hanya dibangun dari komponen Ubuntu 16.04.2 LTS tetapi juga dari komponen Zorin 10, Deepin Linux, dan BlankOn. Kata pengembang dalam tulisan pengumuman, Sundara OS 38.10.2 LTS juga menjadi rilis pertama yang menggunakan skema pemversian baru, dari yang sebelumnya menggunakan skema bb.tt.vv menjadi tt.bb.vv di mana tt dan bb adalah tahun dan bulan hijriyah, vv adalah versi perubahan.

Pembaruan, dari kernel, desktop environment, hingga aplikasi produktivitas

Sundara OS 38.10.2 meluncur dengan kernel 4.8.0-56-generic, versi yang memang dibawa oleh Ubuntu 16.04.2 LTS.

Seperti yang disampaikan sebelumnya, untuk memberikan pengalaman pengguna (UX) yang tinggi dan untuk melengkapi desktop environment GNOME, Sundara OS membawa beberapa komponen yang diambil dari Zorin OS, BlankOn, maupun Deepin Linux. Seperti, perkakas Sundara Look Changer yang dibangun dari Zorin Look Changer, Manajer Peramban Web Sundara dari Zorin OS, dan Deepin Scrot dari Deepin Linux.

Distribusi ini juga makin lengkap dengan pengelola aplikasi gBilling Billing Manager, Buku Panduan Sundara OS revisi keenam yang terinspirasi dari Panduan BlankOn, manajer unduhan Xtreme Download Manager, dan Tutorial Tugas Akhir dengan Writer untuk para pengelola dokumen di luar sana.

Sundara OS 38.10.2 makin segar dengan tema Vertex dan pembaruan ikon Karasa Jaga, serta lebih kaya konten dengan penambahan artikel islami, pemutakhiran HaditsWeb, dan penambahan buku Lebih Dekat dengan LibreOffice Writer. Untuk Anda yang sering melakukan presentasi menggunakan LibreOffice Impress, ada tema template baru juga lho.

DDRescue GUI, Double Commander, GNOME Commander, dan CoreBird adalah aplikasi baru yang diperkenalkan di rilis ini. Sebanding dengan itu, untuk tetap menghemat ukuran berkas citra ISO, pengembang juga menghapus TuxPaint, Skype, Google Earth, Callibre, Barracuda Copy, alldeb, Paint, Otodidak, Hamster, CherryTree, mkisi, apt-id, Sundara Driver Offline Installer, Deja Dub, DiffPDF, ClassicMenu Indicator, Frogr, 4kYoutube to mp3, mtafsir, Elinks, Polly, Sakis3G, ndisgtk, dan minbar. Selain untuk menghemat ukuran, beberapa aplikasi di atas dihapus karena memang sudah tidak dikembangkan oleh upstream atau karena kekurangan sumber daya untuk memeliharanya.

Sebagai sistem operasi desktop, tentu pengembang Sundara OS bakal memperbarui banyak perangkat lunak penting untuk penggunanya, seperti LibreOffice 5.3, GIMP 2.8, GoldenDict 1.5.0, Wvdial 1.61, Wine 1.6.1 (entah kenapa untuk versi ini masih versi sangat lawas) dan PlayOnLinux 4.2.10, Telegram 1.1.0, Google Chrome 5.9, VLC Media Player 2.1.6, Audacious 3.7.1-1, serta paket-paket lain yang sangat banyak, simak tautan ini untuk lengkapnya.

Untuk mengunduh Sundara OS 38.10.2, silakan kunjungi laman unduh Sundara OS. Sepertinya distro ini belum memiliki fitur upgrade, jadi apabila Anda sudah menggunakan Sundara OS 4.37.3, lakukan instal ulang atau fresh install jika ingin mendapatkan versi 38.10.2.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top