Distro Solus

Solus Kembangkan Perkakas Linux Driver Management dan Beralih ke Phabricator Diffusion

Solus

Sudah agak lama tidak ada kabar dari Solus, ternyata dalam beberapa pekan terakhir Ikey Doherty dkk sedang sibuk memperbarui perkakas untuk mengelola driver grafis di distro ini.

Perkakas yang dimaksud adalah Linux Driver Management (LDM), perkakas untuk mengganti-ganti driver grafis dengan sangat mudah. Untuk rilis awal nanti, LDM akan mengaktifkan dukungan Optimus secara default yang dimulai dengan dukungan Xorg dan Mesa.

Menurut rencana, LDM akan mampu mendeteksi konfigurasi sistem AMD integrated dan AMD GPU, Intel dan AMD GPU, serta Optimus (Intel dan Nvidia GPU). Perkakas ini pun akan dimasukkan ke base system Solus (system.base) dan menggantikan perkakas gl-driver-switch.

Selain mengembangkan LDM, pengembang Solus juga sedang disibukkan dengan laman Help Center baru yang akan segera menggantikan platform MediaWiki yang dipakai Solus Wiki (https://wiki.solus-project.com/Main_Page).

Bagi para pengembang dan kontributor, mereka akan mendapatkan lingkungan pengembangan yang lebih nyaman, mengingat Solus sedang dalam proses peralihan ke Phabricator Diffusion sebagai pengelola repositori git. Peralihan ini akan sangat menguntungkan, karena untuk meninjau patch dan diff mereka tidak perlu mengunduhnya secara manual, dengan Phabricator Diffusion pengembang diijinkan untuk meninjau dalam bentuk inline patch, dan juga keuntungan-keuntungan lainnya. Repositori git yang ada di GitHub dan GitLab pun akan dialihkan ke lingkungan manajemen git baru ini.

Untuk selanjutnya, Solus akan fokus merilis Budgie 10.3 dan memulai pengembangan Budgie 11 dengan toolkit Qt5, memperbarui situs repositori, serta merilis dukungan bahasa pemrograman Haskell.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top