Distro Solus

Solus 4 Masih Bertahan dengan Budgie 10, Kembalikan Dukungan Wayland

Kami sempat mengabarkan Solus 4, tetapi sayangnya belum ada informasi detail seputar calon rilis mayor baru tersebut saat itu.

Solus

Namun, terima kasih kepada pengembang, tepat akhir bulan Oktober kemarin, mereka akhirnya “membocorkan” beberapa hal baru yang akan hadir di Solus 4. Satu fitur yang paling ditunggu oleh pengguna, Budgie 11, belum akan hadir di rilis ini. Pengembang masih akan tetap membenamkan Budgie 10 dengan beberapa pembaruan dan peningkatan. Selain edisi utama (Budgie), Solus 4 juga tetap memperbarui edisi MATE dan GNOME.

Berbicara Budgie 11, tenang, Ikey Doherty tetap mengerjakan generasi baru desktop tersebut sambil memelihara rilis Budgie 10.

Masalah terjemahan dan dukungan snapd pada Software Center juga menjadi fokus Solus 4. “Kami akan memiliki rilis Software Center baru untuk membenahi masalah kegunaan seperti kurangnya antrian/navigasi yang buruk/kurangnya terjemahan dan dukungan snapd,” jelas Solus via laporan pendek.

Solus 4 juga mempertimbangkan untuk meningkatkan dukungan Nvidia dan beralih ke libglvnd. Kata pengembang, mereka kembali ke driver open-source untuk meriset kemungkinan dukungan Nvidia Optimus. Selain itu, Solus 4 juga bakal mengaktifkan Wayland EGL dan EGLStreams. Yep, Wayland! Setelah proses dukungan Wayland sempat tersendat, di rilis anyar nanti pengembang akan mengembalikan dukungan display server tersebut.

Sementara itu, bagi Anda yang ingin berkontribusi ke Solus 4, pengembang mempersilakan Anda untuk mengirim wallpaper, gambar banner, dsb.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top