Distro

Slax Generasi Baru Tetap Berusaha Ramping, Apa Ya Aplikasi Bawaannya?

Pengembang distro lawas populer yang ditujukan sebagai distro live, Slax, selama empat tahun tak merilis pembaruan. Namun, tahun ini ia mulai bergerak menyegarkannya dengan keputusan: Slax tidak akan lagi dibangun dengan basis Slackware, tetapi Debian.

Beberapa waktu yang lalu, pengembang Tomáš Matějíček memamerkan tiga buah tangkapan layar Slax generasi baru. Silakan simak tautan tersebut bagi yang penasaran dengan calon rilis Slax.

Slax

Pengembangan Slax terus berjalan. Kemarin (14/11), Tomáš mengabarkan aplikasi-aplikasi apa saja yang akan dibenamkan di sana. Jangan terlalu berharap banyak, di Slax generasi baru, Tomáš tidak akan membenamkan puluhan aplikasi bawaan layaknya distribusi kasual, meskipun koleksi aplikasi yang lebih banyak menjadi salah satu targetnya di masa mendatang.

“Saya mungkin bersiap, di masa mendatang, versi yang lebih besar dan lebih kaya fitur (akan tersedia), tetapi untuk sekarang, saya tetap bertahan dengan hanya beberapa perangkat lunak penting: xterm dan peramban web (Chromium),” kata Tomáš.

Salah satu alasan yang ia sampaikan secara implisit untuk tidak banyak membenamkan aplikasi adalah karena hampir semua kegiatan komputasi beralih ke dunia web (daring). “Dalam kasus umum, peramban web ialah satu-satunya perangkat lunak yang Anda butuhkan untuk beragam aktivitas,” lanjutnya. Misalnya pengolahan dokumen spreadsheet dan aplikasi pemutar video.

Walaupun begitu, Slax tetap menyediakan aplikasi standar editor teks dan kalkulator yang diwakili oleh LeafPad dan Qalculate.

Tombol shutdown pada system tray

Slax tidak lagi menggunakan desktop KDE, ia hanya akan memakai window manager Fluxbox. Salah satu kelemahan dari window manager adalah tidak adanya tombol untuk shutdown, sehingga untuk Slax nanti, Tomáš menyediakan fitur untuk mematikan komputer (shutdown) dengan sangat mudah melalui system tray.

Slax


[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top