Distro

Slax 9.3 Dirilis, Bawa Manajer Berkas PCManFM dan Dukungan EXT4 & NTFS

Setelah merilis Slax generasi baru, Tomáš Matějíček terus aktif memperbaruinya. Dari laporan beberapa hari lalu, Tomáš berencana membenamkan lebih banyak fitur baru, termasuk menyertakan sistem berkas sebagai aplikasi bawaan, antara Thunar atau PCManFM.

Slax

Jadi ini dia! Slax 9.3 resmi diumumkan via slax.org. Ukuran Slax 9.3 dijamin lebih besar sedikit karena Tomáš menambahkan firmware yang membawa driver-driver perangkat nirkabel (Wi-Fi). Rilis awal Slax 9 memang cukup menyebalkan bagi para penikmat akses Wi-Fi karena distribusi ini tidak membenamkannya secara default, pengguna harus dipaksa untuk mengotori tangan mereka sendiri jika ingin memanfaatkan Wi-Fi.

Selain dukungan Wi-Fi, Tomáš juga menambahkan dukungan NTFS dan EXT4 dan fitur Persistent Change yang aktif secara default. Jika Anda sudah memasang Slax 9.3 Beta/Beta 2, Anda harus menghapus berkas changes.dat untuk menikmati fitur Persistent Change yang dimaksud.

Fitur lainnya, akhirnya Slax 9.3 lebih memilih PCManFM sebagai manajer berkas bawaan daripada Thunar. Di samping itu, Slax 9.3 juga membawa wicd sebagai pengelola jaringan nirkabel Wi-Fi, xLaunch yang mampu mendeteksi aplikasi terinstal dengan lebih cepat, resolusi layar yang lebih bagus, serta memperbarui syslinux.

Untuk mengunduh citra ISO Slax, silakan kunjungi slax.org. Ada tiga pilihan citra; Slax 64-bit, Slax 32-bit, dan Slax IPXE (dapat di-boot lewat jaringan).

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top