Distro Linux Mint

Siap Diuji, Pengembang Unggah Linux Mint 18.3 Sylvia BETA

Dalam pos bulanan yang diterbitkan pertengahan bulan November 2017, pengembang Linux Mint menjanjikan peluncuran Linux Mint 18.3 Sylvia BETA pekan ini. Ini dia, pengembang benar-benar menghadirkan Linux Mint 18.3 Sylvia BETA edisi Cinnamon maupun MATE untuk dicoba oleh para penggunanya.

Linux Mint

Pengembang menuturkan, “Linux Mint 18.3 adalah rilis dukungan jangka panjang yang akan didukung hingga 2021. Ia hadir dengan pembaruan perangkat lunak dan membawa perbaikan serta banyak fitur baru yang membuat desktop Anda lebih nyaman dipakai.”

Linux Mint 18.3 BETA menghadirkan Software Manager yang benar-benar baru. Dengannya, memasang aplikasi tertentu menjadi semakin mudah, terutama aplikasi WhatsApp, Spotify, Google Earth, Skype, Steam, dan game Minecraft. Pengembang menyampaikan, tampilan Software Manager baru ini mirip seperti GNOME Software, lebih sederhana, konsisten, dan rapi.

Software Manager juga lebih ringan dan gesit. “.. ia 3 kali lebih cepat daripada sebelumnya,” klaim pengembang.

Satu yang sangat menarik, untuk berputar-putar mencari aplikasi di manajer paket GUI tersebut Anda tak lagi diwajibkan memasukkan password karena backend Software Manager dialihkan ke AptDaemon dan berjalan pada mode user. Anda pun tak harus memasukkan password berulang kali ketika ingin menginstal/menghapus beberapa aplikasi karena Software Manager akan mengingat password selama beberapa saat.

Selain itu, Linux Mint 18.3 BETA juga mendukung paket Flatpak yang dapat Anda cari, instal, hapus, dan tinjau melalui menu pada Software Manager, membawa Backup Tool yang lebih bagus, fitur Timeshift sebagai fitur snapshot, dan fitur Systems Reports untuk melihat crash yang dialami aplikasi atau sistem.

Ada juga dukungan HiDPI yang makin ciamik, jendela progress yang saat ini mendukungan Nemo, Backup Tool, Timeshift, Software Manager, Driver Manager, USB Stick Formatter, USB Image Writer, dan semua aplikasi yang memanfaatkan dialog Synaptic. Begitu juga dengan login screen yang lebih fleksibel dan XApps yang lebih segar.

Khusus untuk edisi Cinnamon, Linux Mint 18.3 BETA membenamkan Cinnamon 3.6, sedangkan edisi MATE menyediakan MATE 1.18.

Untuk menjajal keduanya, silakan pilih mirror yang ditampilkan di tautan ini (Cinnamon) dan tautan ini (MATE).

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top