Distro Ubuntu

Setelah Python2, Ubuntu Rencanakan Hapus Dukungan GTK2

Beberapa waktu terakhir, Ubuntu disibukkan dengan penghapusan dukungan python2 dan ISO Ubuntu 17.10 telah menjadi ISO pertama yang dibangun ulang tanpa dukungan Python lawas tersebut.

Ubuntu
Figure 1. Ubuntu (Didier Roche)

Bersamaan dengan itu, mereka juga bermaksud menghentikan dukungan toolkit GTK2 yang dimulai dari penghapusan dari arsip utama, universe, lalu dilanjutkan dengan penghapusan secara total dari sistem di masa mendatang. Laporan ini disampaikan oleh Matthias Klose kemarin.

“Sama dengan analisis penghapusan Python2, satu lagi yang dikerjakan untuk (menghapus) GTK2 oleh Jeremy Bicha,” ujarnya. Berdasarkan kumpulan laporan proses penghapusan GTK2 terlihat bahwa beberapa paket dituntut untuk segera beralih ke GTK3, termasuk paket GParted, Graphiz, OpenJDE JRE, dan beberapa paket seputar ibus.

Masih perlu beberapa waktu sebelum GTK2 hilang dari Ubuntu. Bagi Anda yang penasaran apakah rilis 18.04 akan hadir tanpa GTK2, jawabannya belum akan terjadi. Ini bukanlah gol untuk rilis 18.04 LTS, tegas Matthias. Bagi Anda yang tertarik mengikuti proses penghapusan GTK2, silakan rujuk laman bug Launchpad.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top