Distro

Setelah 42.3, openSUSE Lanjutkan Versi ke openSUSE Leap 15

openSUSE

Mewakili openSUSE Board dan Leap Release Management, Richard Brown mengumumkan, rilis openSUSE Leap selanjutnya adalah 15, bukan 43. Ini merupakan versi baru melanjutkan versi sebelum openSUSE 42.

openSUSE dibangun dari source code SUSE Linux Enterprise (SLE). Sejak dulu, openSUSE mengikuti versi peluncuran SLE, tetapi tidak saat SLE merilis versi 12. openSUSE sudah pernah melewati versi 12 sehingga mereka tak bisa lagi mengikuti pemversian SLE dan melanjutkan dengan pemversian baru, “versi SLE + 30 = versi Leap”.

Namun, besok SUSE memutuskan untuk menaikkan SLE ke versi 15 alih-alih 13, jadi tidak masalah lagi kalau openSUSE kembali mengikuti rilis baru SLE.

“Keputusan SUSE untuk melewati SLE 13 dan 14 memberikan kita kesempatan sempurna untuk kembali sinkron dengan versi SLE seperti yang kita inginkan sejak dahulu dengan Leap. Ini adalah kesempatan yang tidak bisa kita ambil dengan mudah beberapa tahun dari sekarang bila kita melanjutkan dengan versi Leaps saat ini,” tandas Brown via mailist opensuse-project.

Seperti rencana, akhir tahun ini pengembang akan meluncurkan openSUSE 42.3 yang kemudian dilanjutkan dengan rilis openSUSE Leap 15 pada tahun 2018.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top