Berita

Selamat Ulang Tahun ke-20 GNOME!

Tepat hari Selasa (15/8), GNOME menginjak usia 20 tahun. Yep, 15 Agustus 1997, Miguel de Icaza dan Federico Mena Quintero resmi mendirikan proyek GNOME Desktop. Di tanggal itu, Icaza melaporkan pendirian proyek melalui mailist GTK+.

“Kami ingin membangun sebuah set aplikasi dan perkakas desktop bebas/merdeka dan komplit yang ramah pengguna, mirip seperti CDE dan KDE namun sepenuhnya berbasis free software,” kata Miguel de Icaza.

Bagi GNOME, butuh dua tahun untuk meluncurkan rilis stabil pertama, GNOME 1.0. Tentu saja proses rilis yang lama saat itu bukan sebuah aib. Sekarang desktop GNOME justru menjadi proyek desktop environment besar untuk sistem operasi GNU/Linux. Desktop ini sudah dibenamkan di proyek distribusi GNU/Linux besar pula seperti Fedora, openSUSE, Ubuntu, dll.

Sekarang, pengembang tengah mengerjakan GNOME 3.26 “Manchester”. Rilis ini sudah mencapai fase Beta. Sebulan lagi, versi final akan meluncur, tepatnya tanggal 13 September 2017.

Sebagai perayaan ulang tahun GNOME, pengembang mempersilakan pengguna untuk mengadakan pesta sendiri. Daftar yang akan merayakan ulang tahun GNOME dapat dilihat di wiki GNOME. Sampai kabar ini ditulis, negara di Asia yang sudah merencanakan “pesta” adalah Tiongkok, yang diadakan oleh tim GNOME.Asia Summit 2017.

Selamat ulang tahun GNOME!

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top