Distro

Sekian Lama Dikembangkan, Red Hat Enterprise Linux Akhirnya Dukung ARM

Belum lama ini, Red Hat meluncurkan dukungan arsitektur ARM server pada sistem operasi Red Hat Enterprise Linux (RHEL). Ini adalah dukungan ARM pertama pada RHEL yang merupakan hasil pengembangan 7 tahun lamanya.

Red Hat
Gambar 1. Laman Red Hat

“Hari ini (13/11) menandai pencapaian Red Hat Enterprise Linux dengan tambahan arsitektur baru pada daftar platform yang didukung penuh. Red Hat Enterprise Linux untuk ARM merupakan bagian dari strategi multi-arsitektur dan puncak dari kolaborasi bertahun-tahun dengan komunitas upstream dan silicon dan rekan perangkat keras kami,” tutur tim pengembang RHEL.

Dengan demikian, kini sangat memungkinkan bila Anda ingin memasang RHEL di perangkat server berarsitektur ARM.

Di era ini, server dengan arsitektur ARM sangat dipertimbangkan karena konsumsi thermal design power (TDP) yang lebih hemat dibandingkan server berbasis x86. Server x86 umumnya memiliki TDP sekitar 90 watt, berbeda dengan server (microserver) ARM yang hanya mempunyai TDP 10 hingga 45 watt. Dengan demikian, server atau pusat data Anda dapat lebih menghemat biaya. TDP sendiri merupakan nilai maksimum panas yang dihasilkan oleh komponen komputer yang dapat diatasi oleh sistem pendingin.

Dukungan ARM ini mulai meluncur untuk RHEL 7.4. Seperti yang disampaikan pengembang, “Red Hat Enterprise Linux 7.4 untuk ARM, rilis komersil pertama kami untuk arsitektur ini, memberi kesempatan pelanggan yang berencana menjalankan workload dan perangkat lunak maupun rekan perangkat keras yang memerlukan lingkungan operasi yang stabil untuk melanjutkan pengembangan, dengan platform yang terbukti tangguh dan aman berkelas enterprise.”

Untuk mencari informasi lengkap seputar RHEL untuk ARM, silakan kunjungi laman utama https://www.redhat.com atau pos ini.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top