Berita

Sekarang, Patch Kernel Grsecurity Tak Lagi Tersedia Secara Gratis

Grsecurity

Laman Grsecurity

Proyek Grsecurity kini tidak lagi menyediakan produknya secara gratis.

Grsecurity merupakan proyek yang menyediakan patch keamanan lebih untuk kernel Linux. Proyek ini pertama kali meluncur di masa kernel Linux 2.4. Sebelum September 2015, source code patch Grsecurity dapat diakses secara gratis, setelah itu ia hanya dapat diakses oleh pengguna komersial di mana patch testing tetap bisa diunduh dengan bebas.

Namun, sekarang berubah, semua patch Grsecurity (stable dan testing) hanya boleh diunduh oleh konsumen atau pengguna yang membayar (komersial). “Hari ini kami menangani masa depan pemeliharaan patch test grsecurity untuk komunitas. Hal tersebut menjadikan grsecurity untuk Linux 4.9 sebagai versi terakhir yang akan dirilis Open Source Security Inc. (perusahaan di balik grsecurity -pen) kepada non-pelanggan,” tutur pengembang.

Tentu saja, keputusan ini memengaruhi patch PaX yang juga hanya tersedia untuk pengguna komersial.

Di samping itu, untuk melebarkan sayap proyek, Grsecurity akan mengerjakan dukungan ARM64 dan mobile/Android serta menambah dukungan RAP untuk kernel stabil, KERNSEAL, STRUCTGUARD, dan teknologi pertahanan terhadap serangan generasi baru lainnya.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top