BSD

Sebagai Fitur Eksperimental, HAMMER2 Akan Hadir di Rilis DragonFlyBSD Selanjutnya

Satu fitur menonjol pada sistem operasi DragonFlyBSD adalah sistem berkas HAMMER. Sejak tahun 2012, pimpinan pengembangan Matthew Dillon mulai membangun HAMMER generasi baru, HAMMER2. Sempat direncanakan hadir tahun 2013, pengembangan sistem berkas ini molor dan di tahun kelima pengembangan, sepertinya ia siap hadir sebagai rilis final.

DragonFlyBSD

Tanda-tanda kehadiran HAMMER2 diawali dengan commit ini. HAMMER2 bakal di-compile via buildword secara default. Untuk boot ke HAMMER2, pengguna perlu mengaturnya di /boot/loader.conf karena hasil kompilasinya tidak langsung masuk ke X86_64_GENERIC.

Selain commit tersebut, kehadiran HAMMER2 dikuatkan dengan pernyataan Matthew Dillon bahwa implementasi awal sistem berkas tersebut akan hadir di rilis DragonFlyBSD bulan September sebagai fitur eksperimental.

Di awal implementasi, HAMMER2 bakal membawa fitur-fitur dasar seperti fitur kompresi, dedup, snapshot, pemulihan cepat (fast recovery), dan dukungan boot di luar gate. Rilis ini belum akan mendukung multi-volume atau clustering.

“(Fitur-fitur) dasar bekerja dengan baik di perangkat pengujian saya sehingga ini waktu yang penting untuk menerapkan fitur-fitur menakjubkan lainnya semampu saya sebelum rilis, dan mengerjakan sisanya setelah rilis,” tutur Dillon.

Anda dapat menyimak pengumuman langsung dari Matthew Dillon di mailing list DragonFlyBSD.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top