BSD

Rilis Pertama Tanpa 32-bit, GhostBSD 11.1 Miliki Repositori Sendiri

Bagi Anda penggemar sistem operasi BSD untuk desktop, tim pengembang GhostBSD pekan kemarin meluncurkan GhostBSD 11.1. GhostBSD adalah sistem operasi berbasis FreeBSD yang ditujukan untuk lingkungan desktop seperti TrueOS.

GhostBSD

Eric Turgeon dalam pos pengumuman menyatakan, “setelah setahun pengembangan, pengujian, pen-debug-an, dan pengerjaan repositori paket perangkat lunak kami sendiri, kami dengan bangga mengumumkan rilis GhostBSD 11.1 yang kini tersedia dalam arsitektur 64-bit (amd64) dengan desktop MATE dan XFCE dalam bentuk unduhan langsung maupun torrent.”

Mengikuti beberapa sistem operasi lainnya, mulai GhostBSD 11.1, pengembang tidak akan lagi menyediakan dukungan 32-bit. Secara eksklusif, mereka hanya mendukung arsitektur 64-bit.

Hal asyik dari rilis ini ialah GhostBSD mulai memiliki repositori sendiri dari yang sebelumnya bergantung pada repositori FreeBSD. Selain itu, GhostBSD 11.1 juga menambahkan fungsional alat instalasi (installer) khususnya pada UFS yang sekarang mendukung opsi mirroring, tabel partisi MBR dan GPT, opsi pengaturan ukuran swap, serta meningkatkan dukungan konfigurasi ZFS.

GhostBSD 11.1 pun memperoleh dukungan VMWare Workstation Guest Features.

Sistem operasi BSD berbasis FreeBSD ini menyediakan dua edisi; MATE dan Xfce. Namun, di rilis ini edisi yang paling banyak mendapatkan perbaikan/pembaruan adalah Xfce, termasuk perbaikan pada pengaturan layout keyboard dan plugin sound serta penerapan Whisker Menu sebagai menu aplikasi utama. Masalah hilangnya fungsi shutdown/suspend/hibernate pada kedua edisi sudah dibenahi di 11.1.

Di samping itu, GhostBSD 11.1 juga membenahi alat penginstal yang sebelumnya tidak menampilkan pengaturan ZFS secara utuh, serta membenahi pengaturan locale yang tidak berjalan baik, dan memperbaiki menu ‘GhostBSD Bugs’ → ‘System Tools’ yang hanya menampilkan ‘Server not found’.

Jika Anda tertarik mencicipi GhostBSD 11.1, silakan kunjungi laman unduhan ghostbsd.org.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top