Distro

Rayakan Ulang Tahun ke 10, Calculate Linux 17.6 Sediakan Edisi Calculate Linux Container

Alexander Tratsevskiy, pemelihara distro Calculate Linux, belum lama ini mengumumkan rilis baru Calculate Linux 17.6. Menariknya, rilis ini merupakan rilis untuk merayakan ulang tahun ke 10 Calculate Linux yang pertama kali hadir pada 6 Juni 2007.

Calculate Linux

Calculate Linux Cinnamon

Calculate Linux adalah distro berbasis Gentoo Linux yang didesain pertama kali untuk pasar Rusia dan tidak hanya ditujukan untuk penggunaan sehari-haru namun juga ditujukan untuk lingkungan korporasi. Untuk merayakan ulang tahun ini, Calculate Linux 17.6 menghadirkan edisi baru dengan nama Calculate Linux Container.

Edisi baru tersebut menyediakan lingkungan kontainer LXC/LXD. “Kami senang mengumumkan rilis Calculate Linux 17.6, menandai ulang tahun ke 10 proyek ini,” kata Tratsevskiy. “Versi baru ini menyediakan instalasi kontainer LXC/LXD, kustomisasi tema, kestabilan yang lebih tinggi dengan dukungan dependensi automagic, keamanan yang lebih baik menyusul penyuntingan parameter kernel kini memerlukan password dan pembaruan sistem hanya bisa dijalankan oleh pengguna yang memiliki otoritas untuk melakukannya.”

Fitur baru di Calculate Linux 17.6

Seperti yang disampaikan sang pemelihara, Calculate Linux 17.6 menambahkan perlindungan password pada pengaturan parameter kernel, selain itu ada grup “sudo” baru untuk otentifikasi sudo, pembaruan dukungan UEFI, dukungan kustomisasi tema sistem, dan Autopartition sebagai skempa partisi default untuk instalasi pada USB. Para pengguna juga dapat mengelola akses hak istimewa (privelege) melalui Calculate Console.

Sistem Calculate Linux juga makin mantap setelah versi ini memperbaiki dukungan NVMe, instalasi PXE, meningkatkan dukungan perangkat dengan kartu grafis Intel, membenahi masalah konfigurasi antarmuka network bridge, dan lain sebagainya.

Jika Anda ingin memutakhirkan sistem Anda ke versi ini, Anda dapat menjalankan perintah cl-update. Namun, jika ingin memasangnya di komputer lain, berkas ISO Calculate menyediakan edisi KDE, Cinnamon, MATE, dan Xfce yang dapat diunduh melalui tautan ini.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top