Free Software Open Source Software

Qt Rilis Qt 5.10, Luncurkan Qt 3D Studio dan Perbarui Banyak Modul

Beberapa bulan pengembangan, Lars Knoll dari Qt meluncurkan rilis mayor Qt 5.10. Sebagai rilis mayor, tentu saja Qt 5.10 menghadirkan banyak fitur baru yang dapat dipakai untuk membangun aplikasi-aplikasi kaya fitur.

Qt
Gambar 1. Laman Qt.io

Diperkenalkan awal tahun ini, fitur Qt 3D Studio resmi dirilis sebagai editor grafis untuk membuat antarmuka 3D. Fitur ini diturunkan dari produk milik Nvidia, Nvidia Drive Design. “Qt 3D Studio berisi komponen runtime yang ada di aplikasi (buatan) Anda dan perkakas desain grafis untuk mendesain dan membuat UI (antarmuka -pen). Meskipun perkakasnya sendiri berupa aplikasi standalone, runtime dapat dengan mudah diintegrasikan dengan lingkungan Qt sepenuhnya,” Lars menjelaskan secara singkat tentang fitur anyar Qt 3D Studio.

Bersamaan dengan itu, Qt 5.10 juga memperkenalkan plugin baru pada Qt Quick, meningkatkan fungsionalitas Qt Quick Controls 2, serti memperbarui Qt Qml. Pada Qt Quick Controls 2, sekarang ia mengizinkan pengguna membuat tampilan look and feel sendiri dengan lebih mudah, selain itu plugin QPA baru juga dikenalkan di area grafis.

Modul lain yang mendapatkan pembaruan dan peningkatan adalah Qt 3D, Qt Core dan Network, Qt Widgets, Qt Virtual Keyboard, Qt WebEngine yang kini berbasiskan Chromium 61, Qt Bluetooth, dan Qt Network Authorization.

Untuk sekadar memperoleh informasi lengkap atau mengunduh Qt, silakan rujuk www.qt.io.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top