Distro

Purism Terapkan Dukungan AppArmor pada Distribusi PureOS

PureOS adalah distribusi GNU/Linux yang dibangun oleh Purism dari Debian. Sebagai perusahaan yang fokus menyediakan lingkungan yang aman dan ramah privasi, PureOS dilengkapi dengan aplikasi Tor Browser yang memakai mesin pencari DuckDuckGo secara default ditambah pengaya EFF Privacy Badger dan HTTPS Everywhere.

Tor Browser yang dibenamkan di PureOS diolah sedemikian rupa dan dicap sebagi peramban ofisial PureBrowser.

PureOS

Bagi Anda yang terasa asing dengan PureOS, ia adalah peramban yang kemungkinan besar akan disertakan ke dalam ponsel Librem 5. Meski akan dipakai sebagai sistem operasi mobile, bukan berarti PureOS tidak dapat dipasang di desktop. Anda dapat mengunduh citra ISO-nya melalui pureos.net.

PureOS semakin memantapkan diri sebagai distribusi yang aman setelah Purism mengumumkan bahwa AppArmor telah diimplementasikan secara default di sistem operasi tersebut. “Sekarang, instalasi PureOS baru (termasuk yang dibenamkan di perangkat Librem) memiliki AppArmor yang aktif secara default,” ungkap Jonathan Duchnowski dari Purism.

AppArmor merupakan modul keamanan kernel Linux atau Linux Security Module (LSM) yang memperkenankan administrator sistem membatasi kemampuan aplikasi-aplikasi dengan profil tertentu. Profil yang diterapkan per-aplikasi tersebut mampu membatasi akses jaringan, permission, soket, dsb.

AppArmor dapat dianggap sebagai “imunisasi” untuk sistem operasi Anda, tutur Jonathan, menggunakan konsep “penggunaan hak istimewa seminim mungkin” yang diterapkan kasus per kasus pada profil setiap aplikasi. Ini berarti aplikasi yang dilindungi dipilih berdasarkan evaluasi resiko sistem.

Menarik. Kita lihat apakah penerapan AppArmor benar-benar semakin memantapkan perangkat Librem 5 tahun 2019 mendatang.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top