Berita

Proyek Porta HAMMER, Izinkan Pengguna Buat Sistem Berkas HAMMER Via GNU/Linux

Satu keunggulan pada sistem operasi DragonFlyBSD adalah sistem berkas HAMMER-nya. Fitur ini bisa dibilang sebagai fitur eksklusif karena memang hanya dapat dinikmati oleh pengguna sistem operasi BSD “capung”.

DragonFlyBSD

HAMMER sendiri merupakan sistem berkas yang dibangun oleh Matthew Dillon dan dirilis pertama kali pada tahun 2008 di DragonFlyBSD 2.0. Ia ingin menjadi sistem kaya fitur yang dapat berkompetisi dengan ZFS dari FreeBSD.

Sudah banyak usaha untuk memporta HAMMER ke sistem operasi lain, tetapi kebanyakan mandek. Sebut saja proses porta HAMMER2 ke OpenBSD, HAMMER ke FreeBSD yang entah bagaimana kabarnya, dan HAMMER ke GNU/Linux yang sempat mencuri perhatian.

Pada tahun 2009, proyek porta HAMMER ke GNU/Linux sebagai FUSE (Filesystem in Userspace) pernah menjadi sorotan, tetapi kemudian berhenti. Sebelum sebagai FUSE, sang pengembang pernah mencoba mengimplementasikan HAMMER di GNU/Linux dengan operasi VFS.

Usaha untuk memporta sistem berkas tersebut ke GNU/Linux sepertinya bakal kembali mencuat, setelah Tomohiro Kusumi, kontributor DragonFlyBSD, meluncurkan komponen userland HAMMER ke GNU/Linux. Di awal-awal pengembangan ini, pengguna dapat membuat sistem berkas HAMMER di GNU/Linux, tetapi tidak dengan me-mount-nya. Sebagai catatan, sistem berkas tetap bisa di-mount di DragonFlyBSD.

Repositori kode porta dapat disimak di tautan ini sedangkan pengumumannya dapat dilihat di mailing list DragonFlyBSD.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top