Event

Proyek Penerjemahan GCompris ke Bahasa Indonesia, Ikutan Yuk!

Siapa yang tidak kenal GCompris? Kalau Anda pengguna GNU/Linux desktop garis keras, Anda seharusnya tahu perangkat lunak ini meski mungkin belum pernah menggunakannya.

GCompris adalah perangkat lunak FLOSS permainan edukasional untuk anak-anak usia 2 hingga 10 tahun yang sangat populer. Pada awalnya, perangkat lunak ini ditulis dengan C dan Python dengan GTK+ kemudian ditulis ulang dengan C++ dan QML menggunakan Qt.

Menurut keterangan di grup BlankOn, GCompris menjadi sarana untuk memamerkan distribusi GNU/Linux BlankOn di acara Bekraf Habibie Festival 2017, 7 hingga 13 Agustus kemarin. Bahkan, karena aplikasi ini, booth BlankOn dipenuhi oleh anak-anak dan orang tua mereka. Foto-foto kesibukan booth BlankOn gara-gara GCompris dapat disimak di tautan di atas, di tautan ini, dan di tautan ini.

Satu poin penting pada GCompris yang terpasang di BlankOn adalah penggunaan bahasa Indonesia pada antarmukanya, sehingga para pemain yang mungkin kurang fasih berbahasa Inggris dapat memainkannya dengan mudah. Namun, terjemahan bahasa Indonesia pada aplikasi ini belum sempurna sehingga proyek Ridon bersama dengan Kode Kreatif, Istana Media, dan Fans mengadakan proyek penerjemahan aplikasi dengan nama Kerja Bakti Penerjemahan GCompris.

GCompris

“GCompris perlu diterjemahkan? Kan cuma mainan anak-anak …​ Justru karena ini mainan anak-anak, maka penerjemahan GCompris ke bahasa Indonesia menjadi sangat penting,” kata penyelenggara proyek. “Masa-masa tersebut (anak usia 2-10 tahun -pen), khususnya 0-6 tahun merupakan masa pemerolehan bahasa bagi si anak. Misal mainan mereka (saja) pakai bahasa non-Indonesia, jangan salahkan mereka jika kelake mereka lebih senang tidak menggunakan bahasa Indonesia di masa remajanya. Sebab pemerolehan bahasa mereka memang bukan bahasa Indonesia.”

Anda merasa jago bahasa Inggris? Silakan ikuti proyek penerjemahan GCompris dengan mengisi form http://s.id/gcomprisid. Acara akan diselenggarakan pada tanggal 16-17 September 2017 (dua pekan lagi) di Graha Kartika Pratama Blok A3 No 10 Bojonggede.

Saya pikir, ini bakal menjadi proyek gotong royong yang menarik untuk disimak perkembangannya.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top