Debian Distro

Pra-rilis Pertama Debian Installer Buster Diumumkan

Hari Minggu kemarin (3/9), tim Debian Installer mengumumkan pra-rilis pertama perkakas penginstal Debian untuk versi 9 Buster.

Debian

Benar. Peluncuran Debian 10 Buster mungkin masih lama, tetapi kehadiran pra-rilis Debian Installer untuk Buster ini menjadi tanda bahwa pengembangan Debian 10 sudah mulai berjalan, meskipun faktanya pengembangan sudah dimulai beberapa bulan lalu. Silakan cek Debian kanal Testing.

Di Debian Installer Buster Alpha 1, pengembang telah memperbaiki hilangya 60-input-id.rules pada udev-udeb, membuat user sshd supaya kompatibel dengan rilis OpenSSH terbaru, meningkatkan dukungan EFI, membenahi bug mayor pada penginstal live, dan mendukung /boot di volume logical ketika diatur memakai partman-auto-lvm/no_boot=true.

Di samping itu, pengembang juga menambahkan entri machine db baru untuk perangkat Raspberry Pi 3 Model B, Firefly-RK3399, dan Radxa Rock 2 Square serta menghapus citra orion5x-qnap. Omong-omong, di pra-rilis ini pengembang tidak menyediakan citra MIPS64el, bukan karena dihapus, tetapi karena masalah pada toolchain yang masih dalam proses perbaikan.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top