Kernel

Pra-rilis Linux 4.14 Mulai Normal, Kandidat Rilis Kelima Diluncurkan

Awal minggu ini, kernel mainline memperoleh pembaruan lagi. Mainline merupakan kanal pengembangan kernel Linux yang dipelihara langsung oleh Linus Torvalds untuk menjadi kernel stabil atau LTS berikutnya. Untuk Linux 4.14, ia akan menjadi kernel LTS dan akan dipelihara selama 6 tahun oleh Greg KH.

Kabar Linux

Linux 4.14-rc5, rilis baru yang dihadirkan oleh Torvalds, merupakan versi yang cukup baik dengan pembaruan terbesar pada penanganan TLB x86 menyusul perubahan pada ASID. Sisanya cukup normal, yakni pembaruan pada arsitektur x86, PowerPC, dan MIPS. Begitu juga dengan pembaruan driver, khususnya GPU, sound, USB, dan jaringan, serta pembaruan kernel inti dan tooling (perf).

“Semuanya terlihat mulai lebih tenang untuk 4.14. Kita memiliki rc5 yang lebih kecil, meski juga memiliki (pembaruan) yang lebih besar juga, dan pekan ini akhirnya terasa cukup normal dalam sebuah rilis yang hingga kini terasa agak berantakan dari pada seharusnya.” Torvalds menjelaskan hal ini melalui Linux Kernel Mailing List 15 Oktober waktu setempat, atau 16 Oktober waktu Indonesia.

Anda bisa ikut menguji dan mencicipi kernel Linux 4.14-rc5 dengan cara mengunduh tarball-nya melalui https://www.kernel.org. Selamat mencoba!

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top