Berita

Photoshop CS5 Jadi Fungsional, Pengembang Wine Sukses Perbaiki Bug 5 Tahun

Kabar gembira bagi pengguna Photoshop di GNU/Linux, pengembang baru saja memperbaiki bug berusia 5 tahun pada dukungan perangkat lunak pengolah gambar bitmap proprietari tersebut.

Wine

Tahun 2012, seorang pengguna Wine menemukan bug pada dukungan Photoshop yang menyebabkan pengguna tidak dapat menggambar apapun di kanvas Photoshop CS5. Pengguna memang bisa menggambar di situ tetapi hanya pada klik mouse pertama, jika klik dilepas (released) hasil goresan mouse akan hilang. Parahnya, bug ini tidak hanya ditemukan pada brush tool, tetapi juga pada tool apapun yang membutuhkan klik pengguna.

Dari konfirmasi pengguna lain, bug ini hanya terasa pada penggunaan mouse, beda dengan pengguna tablet layar sentuh yang normal-normal saja.

Selama beberapa tahun Sebastian Lackner mengirim patch untuk memperbaiki bug tersebut tetapi sayangnya belum menawarkan solusi sempurna. Hari kemarin, ia berhasil menuliskan dan mengirim patch lain yang telah diuji ke source tree git Wine dan terbukti mampu mengatasi bug 5 tahun itu.

Menariknya, perbaikan tersebut hanya membutuhkan delapan baris kode baru dan penghapusan satu baris kode lawas.

Pengguna GNU/Linux sekaligus redditor pun menyambutnya dengan baik di pos diskusi ini.

Saat ini perbaikan belum dirilis di versi stabil atau setidaknya di rilis pengembangan, mungkin ia akan hadir di Wine 3.0 dan baru di-backport ke Wine 2.0.x stabil. Belum tahu, belum bisa dipastikan.

Apakah Anda menggunakan Photoshop di GNU/Linux? Bagaimana perasaan Anda tentang kabar ini? Atau Anda adalah pengguna garis keras GIMP yang tak peduli dengan hal tersebut? 😉

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top