Distro DracOs Linux

Perkembangan DracOS Linux v3 dan Perkakas Forensik Barunya

DracOS

Laman dracos-linux.org

Bulan November tahun 2016 lalu, pengembang DracOS Linux mengumumkan nama kode untuk DracOS v3: Kuntilanak. Beberapa waktu setelah itu, tim pengembang mulai mengolah versi ini, yang diprediksi akan hadir dengan banyak perkakas pengujian penetrasi (penetration testing) baru.

Selama beberapa pekan terakhir, penulis kira DracOS Linux v3 “Kuntilanak” sudah diluncurkan, mengingat pertengahan bulan Februari lalu Himpunan Mahasiswa Magister Teknik Informatika UAD menyelenggarakan acara yang berhubungan dengan forensik digital dan mengundang pengembang DracOS sebagai narasumbernya, di mana pesta rilis DracOS Linux v3 “Kuntilanak” menjadi salah satu agenda acara.

Ngomong-ngomong penulis tidak mengikuti acara tersebut, sehingga untuk menggali informasi seputar peluncuran DracOS Linux v3, penulis mengubek-ubek mesin pencari dan media sosial — yang sayangnya tidak penulis temukan, apalagi tidak ada keterangan di laman catatan rilis dracos-linux.org.

Tanggal 6 Maret, pimpinan proyek DracOS Linux, Zico Ekel, menuliskan informasi seputar perkembangan DracOS Linux. Ternyata, perilisan DracOS Linux v3 memang diundur. Tidak ada informasi tambahan mengenai waktu peluncuran versi ini.

Pengembang sepertinya perlu mengumumkan “hal kecil” seperti itu melalui media sosial resmi DracOS Linux supaya para pengguna dan penggemar tahu dan up-to-date dengan perkembangan distro favoritnya.

DracOS Linux v3 bawa lebih banyak perkakas forensik digital

Dari laman isu Dracos Linux, terlihat bahwa Kuntilanak akan membawa perkakas baru seperti Afflib-3, ESXimager, SSdeep, Foremost, Radare2, Undbx, Vinetto, fenrir, Rkhunter, Chkrootkit, Exiftool, photorec, jhead, Volatility, Rekall, Samdump2, Pdfcrack, Fcrackzip, dan Evtkit.

Hingga kabar ini ditulis, dari total 34 pembaruan perkakas forensik beserta dependensinya, 8 di antaranya adalah perbaikan bug sedangkan 17 isu sudah diselesaikan oleh pengembang.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

1 comment on “Perkembangan DracOS Linux v3 dan Perkakas Forensik Barunya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top