Distro Linux Mint

Perkakas Backup Tool dan Jendela Progress yang Ciamik untuk Linux Mint 18.3

Banyak pembaruan yang akan hadir di Linux Mint 18.3. Bulan kemarin, Clement Lefebvre menyampaikan bahwa di rilis mendatang, Linux Mint bakal mendukung HybridSleep dan Software Manager yang lebih segar.

Apakah berhenti di situ? Tidak. Selama siklus rilis 18.3, pengembang telah menulis ulang perkakas backup: Backup Tool. Demi perkakas yang padat dan fungsional, pengembang memutuskan untuk menyunat beberapa fitur supaya pengembang lebih fokus dengan fitur utama (backup). Kata pengembang, perkakas ini hanya didedikasikan untuk membuat berkas backup direktori /home (dalam bentuk .tar) dan untuk me-restore backup.

Linux Mint Backup Tool

Backup Tool

Kini, Backup Tool mampu dijalankan sebagai user biasa, sehingga pengguna tak lagi disuguhi form password root untuk menjalankan aplikasi ini. Saat akan membuat backup, pengguna diberi opsi untuk mengecualikan beberapa berkas dan direktori yang tidak diinginkan. Selain itu, mereka juga diizinkan untuk memasukkan direktori yang normalnya ter-exclude seperti direktori cache dan setting.

“Kodenya lebih kecil dan modern. Performa dan stabilitas telah ditingkatkan, di sekitaran kompresi data dan multi-thread,” tutur Lefebvre.

Terinspirasi dari Windows 7, Linux Mint 18.3 akan memiliki jendela progress yang apik. Pada beberapa aplikasi, indikator progress akan muncul pada taskbar, sehingga proses unduh/penyalinan data/dll tetap terpantau meski Anda sedang berselancar di internet, menulis kode, mendesain, dsb. Jendela progress ini baru mendukung Cinnamon, itu pun di aplikasi Nemo, Backup Tool, Software Manager, Driver Manager, USB Stick Formatter, dan USB Image Writer. Rencana ke depan, pengembang akan membenamkannya pada MATE, Caja, maupun Synaptic.

Di samping fitur baru di atas, Linux Mint 18.3 juga akan memperoleh pembaruan applet network. Update Manager dan Domain Blocker juga telah dihapus dari daftar perangkat lunak bawaan.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

6 comments on “Perkakas Backup Tool dan Jendela Progress yang Ciamik untuk Linux Mint 18.3

  1. Ramadhan Yoga says:

    Min, apakah bisa upgrade dari LM 18 ke LM 18.2 atau ke LM 18.3 apabila nanti sudah release ? Atau mending instal baru?

    1. Bisa kok mas Yoga. Untuk upgrade minor seperti ke 18.2 atau 18.3 memang bisa pakai Update Manager. Contoh caranya di artikel ini http://blog.linuxmint.com/?p=3306. Kalau rilis mayor, misalnya 17 ke 18 harus instal baru.

      1. Ramadhan Yoga says:

        Oke, terima kasih mas

    1. Haha, iya ini keren, meski di awal implementasi ini hanya beberapa aplikasi yang didukung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top