Distro elementaryos

Pengguna elementary OS Loki Dapatkan Pembaruan Selama Bulan Juni

Di bulan Juni 2017, pengguna distribusi GNU/Linux elementary OS mendapatkan cukup banyak pembaruan. Elementary OS merupakan distribusi yang menggunakan desktop environment Pantheon, desktop yang dibangun dengan memanfaatkan teknologi dari GNOME.

Satu pembaruan yang cukup mencolok bisa ditemukan pada desain baru dialog “About” di system setting. Desain baru ini cocok untuk OEM, seperti System76, yang apabila menyediakan elementary OS sebagai sistem operasi default dan ingin menampilkan informasi produk mereka, lengkap dengan logo produk, laman, dsb.

Fitur ini bisa diatur melalui /etc/oem.conf dengan skrip seperti ini:

[OEM]
Manufacturer=System76 Inc.
Product=Meerkat
Version=meer1
Logo=/etc/oem/logo.png
URL=https://support.system76.com

Pembaruan lain, bagian pengaturan password di User Accounts mampu menampilkan peringatan apabila password yang diketikkan lemah atau mengandung palindrom (contoh, katak, kodok, samas, dll) dan juga mampu menampilkan thumbnail wallpaper dengan lebih baik di layar HiDPI.

elementary OS

Peringatan penggunakan password palindrom (Daniel Fore)

Di bagian panel, indikator Date & Time memiliki tampilan yang lebih segar serta mampu berjalan baik di pengaturan dengan teks besar. Fitur ini juga merespon lebih cepat ketika pengguna mengatur hal-hal yang berhubungan dengan zona waktu atau dengan pengaturan lainnya. Di samping itu, ada juga kemampuan baru “klik tengah” pada indikator sesi sebagai “shortcut” menuju dialog shutdown, serta pembaruan terjemahan, performa, dll.

Bagi pengguna yang belum mendapatkan pembaruan seperti di atas, direkomendasikan untuk segera membuka AppCenter dan mengklik “Update All”.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top