BlankOn Distro

Pengguna BlankOn Bangun BlankOn Versi Xfce: MyBlankOn-XFCE

BlankOn merupakan distribusi GNU/Linux lokal yang selama ini hanya memiliki satu varian: BlankOn dengan desktop Manokwari yang sekaligus merupakan edisi utama. Dahulu sempat ada rencana untuk mengerjakan edisi KDE tetapi tak dilanjutkan.

Dari fakta tersebut, sangat menarik apabila ada pegiat GNU/Linux yang mencoba menawarkan BlankOn edisi lain. Seperti salah satu pengguna BlankOn yang belum lama ini memperkenalkan BlankOn edisi Xfce.

Menyebut diri sebagai Gryphc YP melalui milist BlankOn-Dev, ia meluncurkan jahitan atu ISO pengujian hasil remaster BlankOn XI Uluwatu dengan desktop environment Xfce. Pada awalnya, ia menamainya dengan “BlankOn-XFCE” tetapi agar tidak terjadi kerancuan atau mungkin agar tidak dianggap sebagai edisi yang dibuat secara resmi oleh proyek BlankOn, ia menggantinya dengan nama “MyBlankOn-XFCE”.

BlankOn Xfce
Gambar 1. MyBlankOn-XFCE (Gryphc YP)

Hal menarik dari proyek ini adalah pengembangannya menggunakan perkakas buatan sendiri, myblankon. Perkakas ini dipakai untuk membuat citra live dari BlankOn yang telah terinstal dan terkustomisasi. Namun, diterangkan dalam pos selanjutnya, pembuatan ISO masih manual karena perkakas tersebut masih dalam tahap uji coba. Ia berharap, myblankon sudah dapat dipakai sepenuhnya saat BlankOn XI Uluwatu final dirilis.

Perangkat lunak pelengkap MyBlankOn-XFCE tidak jauh beda dari distro BlankOn, ada pengolah dokumen LibreOffice, klien posel Thunderbird, peramban Firefox, pengolah gambar raster GIMP, pemutar media VLC, dll.

Sayangnya, Gryphc menyediakan ISO MyBlankOn-XFCE untuk diuji dalam bentuk torrent. Kami yakin, tak banyak seeder untuk proyek awal seperti ini. Setelah mencoba mengunduh berkas torrent di tautan ini dengan aria2 selama satu jam, tidak ada 1 Byte pun yang kami dapatkan.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top