Berita

Penggalangan Dana Ponsel Librem 5 Resmi Ditutup, Dapatkan 2 Juta Dollar Lebih

Tepat hari ini, 24 Oktober waktu Indonesia, penggalangan dana ponsel Librem 5 ditutup.

Librem 5

Librem 5 merupakan ponsel yang menghormati kebebasan dan privasi pengguna. Dikembangkan oleh Purism, ponsel ini akan membawa sistem operasi PureOS. Purism menjanjikan implementasi sistem operasi tersebut bakal fleksibel, pengguna diperkenankan memasang sistem operasi lain, terutama distribusi GNU/Linux dengan lingkungan GNOME maupun KDE Plasma (Plasma Mobile).

Penggalangan dana Librem 5 dibuka bulan Agustus 2017 lalu dengan target 1,5 juta dollar Amerika dan berjalan dengan sangat cepat sejak saat itu. Rekornya, hanya butuh satu minggu saja perjalanan penggalangan dana dari 50% sampai 100%.

Dilihat dari antusiasme publik, para tech savvy maupun pemerhati privasi sepertinya benar-benar berharap penuh dengan produk ini.

Penggalangan dana ponsel ini ditutup dengan nilai wow, 2.130.362 dollar Amerika atau 42% lebih banyak dari pada target awal. Tentu saja hasil ini akan menjadi modal untuk mengembangkan Librem 5 dengan fitur-fitur yang sudah diiklankan sebelumnya mengingat hasil tersebut di bawah target tambahan yang direncanakan pengembang.

Target tambahan yang dimaksud: jika penggalangan dana menghasilkan 4 juta dollar, mereka akan menambahkan fitur nomor ponsel VOIP. Nilai 6 juta dollar mereka akan melakukan reverse engineer firmware WiFi/BT supaya berkinerja lebih cepat. Nilai 8 juta dollar, Purism akan menyediakan layanan tunnel VPN terenkripsi gratis selama setahun, dst.

Kontes ringtone

Kontes ringtone masih dibuka. Jika Anda ingin berkontribusi dalam pengembangan Librem 5, Anda bisa mengirimkan ringtone khas sebagai suara saat ponsel hidup, menerima telpon, menerima pesan teks, panggilan video, dan notifikasi ponsel.

Jika Anda memenangi kontes ini, Purism akan mengirimkan hadiah satu ponsel Librem 5. Namun, jika Anda sudah terlanjur pesan sebelumnya, uang Anda akan dikembalikan. Pemenang kontes ringtone akan diumumkan pada tanggal 1 November 2017.

Anda dapat melihat keterangan lengkap seputar ini di laman ini.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top