Distro Mageia

Pengembangan Mageia 6 Masih Berlangsung, Terhambat Bug pada Fitur Pemartisian

Mageia

Anda pengguna Mageia? Jika iya, maka Anda dipastikan menunggu kehadiran Mageia 6, yang selama ini tidak ada kabarnya. Terutama, sejak kehadiran Mageia 6 Snapshot 1, Juni 2016 lalu.

Terima kasih kepada Samuel Velschelde yang baru saja mengabarkan perkembangan Mageia 6 untuk para penggunanya melalui laman blog Mageia.org.

Proses pengembangan Mageia 6 yang melambat dimulai ketika musim panas 2016 (sekitar bulan Agustus), salah satu pemaket yang sekaligus sysadmin dan pembangun berkas Live ISO memiliki masalah kesehatan, yang mengharuskan dirinya beristirahat.

Bulan September sampai Desember 2016 sebenarnya adalah waktu semangatnya pengembangan Mageia 6, versi ini pun digadang-gadang meluncur bulan Desember. Namun, akibat masalah pada perangkat keras server mereka harus menunda peluncuran. Itu pun ditambah munculnya bug pada installer, desktop environment Plasma 5, dan bug pada X Server yang tidak mau melakukan boot, hanya menampilkan pesan “Good Luck”. Sebagai “pengganti”, tim pengembang meluncurkan Mageia 5.1.

Saat artikel itu ditulis, bug pada Plasma 5 dan X Server sudah diperbaiki, kecuali bug pada installer terutama di bagian komponen pemartisian, di mana ia berpotensi merusak partisi yang sudah ada.

Pengembang yakin jika bug ini sudah diperbaiki dan diuji sedemikian rupa, mereka siap meluncurkan Mageia 6 Stabilization Snapshot 2. Dengan kata lain, Mageia 6 final pun siap meluncur beberapa bulan lagi.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top