Distro

Pengembangan DesaOS 2.0 Dimulai, Siap Hadirkan WordPress Desktop dan Xfce 4.12

Yoot! Hari ini, 7 April 2017, pengembangan DesaOS 2.0 dimulai. DesaOS 2.0 bisa menjadi hype tersendiri bagi para penggunanya karena ini merupakan versi baru yang akan meluncur tahun ini, satu tahun sejak kehadiran DesaOS 1.0 Angsle.

DesaOS

Dalam waktu dekat, tim pengembang DesaOS akan meluncurkan DesaOS Beta sebagai versi yang dapat diuji oleh para pengguna. Tak akan ada versi Alpha karena pengembang ingin mempersingkat proses pengerjaan. “Jadi bagi para penikmat Bajigur (nama kode DesaOS 2.0 -pen) bisa merasakan sensasinya lebih awal,” ujar pengembang.

Kabar baik buat pedesaan yang sudah memiliki situs untuk menginformasikan segala kegiatan desanya, DesaOS 2.0 akan membawa aplikasi WordPress Desktop. Dengan aplikasi ini, para administrator situs desa tak perlu repot-repot mengakses peramban dan menulis URL laman.

Untuk mulai mengelola situs, mereka hanya perlu membuka aplikasi ini, sedikit mengatur sinkronisasi dengan situs (ini hanya dilakukan sekali), dan selanjutnya bisa dipakai untuk menulis artikel maupun mengelola situs.

Terima kasih kepada tim peneliti DesaOS yang menghadirkan fitur ini setelah mereka melakukan riset terhadap desa-desa yang, khususnya, tergabung di Gerakan Desa Membangun.

Selain WordPress Desktop, DesaOS 2.0 Bajigur juga akan dibundel dengan desktop environment Xfce 4.12, wallpaper yang lebih segar, dan beberapa aplikasi bawaan baru.

Berkontribusi di DesaOS

Proyek DesaOS mempersilakan Anda untuk ikut bergabung membangun DesaOS dengan menjadi kontributor. Untuk bergabung dengan DesaOS, silakan kunjungi form pendaftaran kontributor.

Bila tidak ingin berkontribusi langsung, Anda juga bisa memberikan donasi dalam bentuk uang. Silakan kunjungi laman donasi DesaOS untuk keterangan lebih lanjut.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top