Debian Distro

Pengembang Pamerkan Perangkat Mobile dengan Sistem Operasi Debian

Sejak tahun 2011, proyek Debian melirik ponsel pintar/komputer mini sebagai proyek baru, Debian mobile, platform alternatif Android. Proyek ini terus berjalan. Kabar terbaru, di acara DebConf17 di Montreal Kanada kemarin, 50 orang berkumpul untuk membahas kesempatan dan tantangan pengembangan Debian untuk perangkat mobile ini.

Debian

Martin Borgert, pengembang yang mengerjakan Debian untuk perangkat mobile melaporkan, beberapa perangkat Debian mobile telah dipamerkan di acara ini. Di antaranya PocketCHIP. PocketCHIP merupakan komputer kecil yang dilengkapi Wi-Fi, keyboard, USB, dan Bluetooth. Pengembang telah berhasil membenamkan Debian 8 Jessie dan 9 Stretch di sini.

Ada juga Pyra, komputer genggam madular yang lengkap dengan layar sentuh, keyboard, Wi-Fi, USB, kontrol game, slot kartu SD, dan modem opsional untuk pasar Eropa dan Amerika Serikat, akan hadir dengan Debian prainstal.

Selain kedua perangkat diatas, pengembang Debian juga memamerkan perangkat Zerophone, ponsel pintar open-source berbasis Raspberry Pi Zero yang menjalankan Raspbian OS dan Samsung Galaxy S Relay 4G yang menyediakan keyboard fisik dengan userspace Debian dan kernel Android.

Pengembang memperlihatkan perangkat-perangkat tersebut di tautan ini. Tiga perangkat lain yang terlihat—​yang mungkin tidak berhubungan langsung dengan kabar ini—​adalah Nokia N900, Maemo, dan token kriptografi Gnuk.

Anda dapat ikut berdiskusi seputar Debian mobile dengan bergabung di mailing list atau di kanal IRC #debian-mobile di irc.oftc.net.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top