Distro openSUSE

Pengembang openSUSE Perkenalkan Konsep Tumbleweed Snapshot

Pengembang openSUSE, Jimmy Berry, memperkenalkan konsep Tumbleweed Snapshot sebagai cara lain untuk memperbarui sistem Anda dengan paket-paket aplikasi terbaru dan terkini.

openSUSE

OpenSUSE Tumbleweed adalah varian lain openSUSE yang menggunakan model rilis bergulir atau rolling release mirip seperti yang dilakukan distribusi GNU/Linux Arch Linux. Selama ini, proses pembaruan paket pada Tumbleweed benar-benar mirip seperti Arch Linux, pengguna akan terus mendapatkan paket-paket baru setelah pengembang mem-push pembaruan tersebut ke repositori.

Namun, model rilis seperti itu juga membawa konsekuensi tersendiri, ada kalanya di suatu waktu pengguna “harus” memperbarui puluhan paket yang mungkin dianggap tidak perlu. Jimmy menyontohkan, saat seseorang menjalankan (pembaruan) snapshot 17 dan di hari selanjutnya muncul snapshot 18 yang berisi pembaruan Qt yang membawa hasil rebuild banyak paket. Ketika berusaha memasang aplikasi yang bergantung pada Qt, pengguna akan mendapatkan masalah galat yang tak bisa diperbaiki (unresolveable error). Karena itu pengguna diharuskan melakukan pembaruan penuh (full update) dan mungkin saja banyak sekali pembaruan yang tidak berhubungan dengannya.

Dengan perkakas dan repositori yang dibangun oleh Jimmy, keharusan untuk melakukan pembaruan yang tidak perlu dapat diatasi. Pengguna dapat memilih snapshot tertentu dengan perintah tumbleweed switch kemudian tumbleweed update untuk melakukan pembaruan paket.

Keterangan lengkap mengenai hal tersebut dapat ditemukan di pos mailing list opensuse-factory.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top