Distro Ubuntu

Pengembang Inginkan Anda Kontribusi Membangun Tema Ubuntu 18.04 Bionic Beaver

Ubuntu 18.04 LTS adalah calon rilis anyar yang bakal membenamkan banyak pembaruan. Sedikit kilas balik, Ubuntu 17.10 merupakan rilis Ubuntu paling segar yang pernah hadir dalam beberapa tahun terakhir, yang menggunakan GNOME shell sebagai pengganti desktop Unity.

Ubuntu
Figure 1. Ubuntu 17.10

Pasca runtuhnya Unity, tim desktop Ubuntu berusaha menyajikan tampilan seramah mungkin bagi para pengguna lama agar tak kaget dan tetap merasa di rumah sendiri. Namun, mereka tetap realistis, tak mungkin membenamkan banyak sekali pembaruan hanya dalam waktu enam bulan, sehingga misi untuk memperbarui tampilan berikutnya akan dilakukan di siklus Ubuntu 18.04.

Di Ubuntu 17.10, kita diperkenalkan dengan tampilan tema yang sama dengan tema sebelumnya. Apalagi ditambah dengan Ubuntu Dock, perkakas dock berbasis ekstensi Dash to Dock, fitur yang berusaha menggantikan fungsi Unity Launcher. Dilihat dari sisi ini, Canonical telah sukses menyajikan lingkungan yang mirip dengan sebelumnya, sehingga tak mengorbankan kenyamanan pengguna seperti saat perubahan dari GNOME 2 ke Unity beberapa tahun lalu.

Target pencapaian selanjutnya, pengembang akan menyegarkan tema tersebut. Dijelaskan oleh Didier Roche, pimpinan proyek peralihan ke Ubuntu ke GNOME, bahwa komunitas menginginkan tampilan yang benar-benar segar. Didier pun mengiyakannya, sehingga dirinya mempersilakan komunitas Ubuntu untuk ikut berkontribusi membangun tema baru untuk Ubuntu 18.04 Bionic Beaver.

“Siapapun dapat berkontribusi (lewat pull request ke proyek yang akan kami buat), bagaimanapun, di ranah desain, bakal selalu lebih mudah jika hanya memiliki ide tanpa adanya kemampuan teknis 😉 Oleh karena itu mengapa ada seruan untuk mendapatkan beberapa gagasan tentang jumlah orang yang bersedia meluangkan waktu untuk proyek ini. Keahlian yang diperlukan adalah CSS (kami akan menggunakan SASS, keterangan lebih lanjut nanti) atau C GTK theming. Desainer ikon akan disambut dengan baik. ;)” Tutur pengembang, Didier Roche.

Berdasarkan rencana yang ia sampaikan, tema GTK+ untuk Ubuntu 18.04 akan ditulis ulang dari awal dengan tetap berpegang pada tema bawaan GNOME sebagai awalnya.

Jika Anda ingin ikut berdiskusi mengenai hal ini, Anda dapat bergabung di forum komunitas Ubuntu.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top