Berita

Pencapaian Tim QA LibreOffice, 40.000 Ribuan Bug Telah Ditutup

LibreOffice merupakan salah satu proyek perangkat lunak bebas/merdeka dan open-source besar yang pernah dikembangkan. Sebagai proyek terbuka (FLOSS), tentu saja segala bug mudah dilacak dan ditemukan. Mengenai hal ini, LibreOffice merupakan salah satu proyek yang memperhatikan kualitas produk sehingga bug-bug yang ditemukan terus diusahakan untuk ditutup.

LibreOffice

Dalam pengelolaan laporan bug, “ditutup” bisa berarti “diperbaiki” bila yang dilaporkan memang bug, “dianggap tidak valid” bila yang dilaporkan memang “bukanlah bug” atau yang dilaporkan “tidak jelas”, ditutup karena pengembang memang tidak ingin memperbaiki karena alasan tertentu, dll.

Italo Vignoli, melalui blog TDF, menyampaikan bahwa sampai 16 Agustus, penutupan laporan bug LibreOffice sudah melampaui 40.000 buah. “[..] sebuah pencapaian besar yang menunjukkan banyaknya usaha yang dilakukan oleh komunitas terhadap kualitas perangkat lunak,” kata Vignoli.

Proses penutupan bug pada LibreOffice memang sangat cepat. Sejak Agustus 2016, 7.143 bug telah ditutup dengan rata-rata 133 bug setiap pekannya (terima kasih kepada tim jaminan kualitas [QA] LibreOffice). Terlihat di grafik di bawah ini, penutupan bug tertinggi ada di pekan ke-41 (Oktober 2016), mencapai 500 kali, dan disusul di pekan ke-45 (November 2016) yang hampir menutup 300 bug.

LibreOffice

Statistik jumlah bug yang ditutup sejak Agustus 2016 sampai Agustus 2017 (blog.documentfoundation.org)

Jika Anda tidak memiliki kemampuan menulis kode tetapi ingin berkontribusi di pengembangan LibreOffice, Anda dapat membantu tim jaminan kualitas (QA) LibreOffice dengan cara mengonfirmasi bug yang dilaporkan atau ikut menguji jika perbaikan bug telah diperbaiki. Laman bugs.documentfoundation.org adalah rumah bagi Anda untuk melakukannya.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top