Distro Solus

Pastikan Pemutakhiran Berjalan Lancar dan Mudah, Solus Kembangkan Qol-assist

Rilis Solus 4 bakal menjadi rilis mayor yang oke punya. Jika kita tidak hanya fokus pada Budgie 10.4, di calon versi baru tersebut pengguna akan mendapatkan banyak pembaruan dan fitur-fitur anyar nan apik.

Solus

Salah satu bakal fitur baru yang sangat menarik adalah perkakas qol-assist atau Quality of Life assistant. Perkakas ini dipakai untuk memudahkan proses pembaruan paket tertentu yang selama ini membutuhkan pengaturan manual dari tangan pengguna. Joshua Strobl, Manajer Komunikasi Solus, menegaskan bahwa perkakas anyar itu merupakan salah satu konsekuensi dari model rilis bergulir (rolling release) yang diterapkan oleh Solus.

Salah satu kasus yang akan ditangani oleh qol-assist. Pasca pembaruan paket sane-backends, perangkat pemindai (scanner) tidak dapat dijalankan sebelum pengguna memakai perintah sudo. Hal ini disebabkan oleh rules udev yang mewajibkan pengguna berada di grup scanner padahal Solus 3 tidak mempunyai grup tersebut.

“Daripada (pengguna) dialihkan ke pos blog informasi yang berisi instruksi manual tertentu, kami mengembangkan solusi untuk mengatasi masalah pemutakhiran seperti itu,” ujarnya via pos mingguan.

Kami membayangkannya seperti perkakas etc-update pada Gentoo yang secara otomatis menjalankan perintah merge.

Fitur keren lain yang tengah dikembangkan adalah fitur untuk memulihkan sistem. “Langkah kami selanjutnya adalah mengonsolidasi semua pemicu sistem operasi ke proyek baru, yang akan menyediakan binary statis yang didesain kebal sepenuhnya terhadap masalah pemutakhiran. Mirip seperti qol-assist, ia akan bekerja secara cerdas melacak status untuk menentukan operasi mana yang perlu dijalankan dan memastikan eksekusi perintah yang masuk akal,” kata Joshua.

Selain perkakas-perkakas di atas, Solus 4 juga akan membawa pembaruan mate-notification-theme-slate dan Brisk Menu baru untuk edisi MATE, serta memperbarui beberapa paket termasuk NetworkManager, PulseAudio 11, Perl 5.26.1, Python 2 maupun 3, begitu juga meningkatkan dukungan Nvidia GL/EGL pada Wayland, memperbarui dukungan Samba, dan menambahkan fitur hostapd.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top