Distro

Parrot 3.10 Padukan Firejail dan AppArmor, Bawa Kernel 4.14

Akhir pekan yang santai juga sekaligus menjadi hari baik bagi pengguna distribusi GNU/Linux Parrot. Lorenzo Faletra alias Palinuro kemarin mengumumkan kehadiran versi stabil anyar Parrot 3.10. Kami bangga mengumumkan rilis Parrot 3.10, versi teranyar dari distribusi GNU/Linux berorientasi keamanan dari kami, tuturnya.

700
Gambar 1. Parrot (Wikimedia)

Sesuai ekspektasi, Parrot 3.10 membenamkan dukungan Firejail yang dipadukungan dengan AppArmor. Pada saat rilis 3.9, pengembang memperkenalkan dukungan Firejail dan baru pada rilis ini ia diintegrasikan dengan AppArmor yang dukungannya sudah diolah beberapa waktu lalu.

Sebagai distribusi berbasis Debian, Parrot 3.10 membenamkan pembaruan-pembaruan dari induknya, yang terdiri dari peningkatan dan pembaruan paket serta penambalan keamanan dan perbaikan bug. Dua paket yang layak disorot di rilis ini adalah kernel Linux 4.14 dan peramban Firefox Quantum (57). Peramban ini hadir dengan plugin-plugin terfavorit serta profil kustom yang digarap atas bantuan komunitas Mozilla Italia.

Bersamaan dengan itu, rilis ini juga menghadirkan perkakas harian untuk pengguna kasual seperti aplikasi todo list dan planner, bahkan juga pengelola finansial dan mind map designer. Bagi para pentester Parrot 3.10 membenamkan metasploit-framework 4.12 dan maltego 4.13.

Banyak pengguna yang meminta pengembang meluncurkan Parrot varian lain, seperti KDE Plasma, Cinnamon, dan Xfce, tetapi karena butuh kerja keras untuk melakukannya, pengembang belum bisa memenuhinya. Jika Anda kompeten dan ingin berkontribusi membantu mewujudkan hal tersebut, silakan hubungi pengembang parrotsec.org.

Citra ISO Parrot bisa Anda peroleh lewat tautan ini, sedangkan jika Anda sudah menggunakan Parrot 3.9, Anda dapat memutakhirkannya ke versi tersebut dengan menjalankan perintah sudo apt update && sudo apt full-upgrade.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top